Solusi Masalah Komputer Lambat

Seiring dengan berjalannya waktu, komputer anda yang pertamanya berjalan cepat, sekarang mulai agak lambat. Mungkin untuk membuka satu file membutuhkan waktu agak lama. Komputer lambat disebabkan oleh beberapa hal, yang bisa dikategorikan ke dalam tiga kategori, yaitu masalah hardware, virus atau malware, dan bertumpuknya file atau program. Untuk memberikan solusi masalah komputer lambat, anda harus memperhatikan ketiga masalah ini, dan kita akan membahasnya satu per satu.

1. Masalah Hardware.
Untuk masalah ini, maka anda harus mempertimbangkan tiga hardware pokok, yaitu Processor, RAM, dan Hard Disk.
- Processor. Pertimbangkan untuk upgrade processor ke processor yang lebih cepat, misalnya jika anda sekarang memiliki Intel Atom, upayakan untuk upgrade ke Intel Dual Core,
- RAM. Jika anda sekarang memiliki 1 GB RAM, upayakan untuk upgrade menjadi 2 GB RAM. Atau gunakan opsi Virtual Memory dan Ready Boost. Anda bisa lihat tutorial Cara Menambah RAM Komputer.
- Hard Disk. Lakukan tes Hard Disk dan lakukan perbaikan terhadap bad sector. Lihat tutorial Cara Melakukan tes Pada Hard Disk. Pertimbangkan untuk mengganti Hard Disk Drive dengan Solid State Drive.


2. Masalah Virus atau Malware.
Usahakan untuk memiliki satu Anti Virus yang baik dan lakukan scan secara berkala. Sekali- sekali lakukan scan dalam Safe Mode untuk lebih memantapkan scanning. Lihat tutorial Cara Ampuh Menghilangkan Virus Komputer dan Solusi Masalah Malware.

3. Masalah Program dan File.
Buang program- program yang anda tidak gunakan. Gunakan program uninstaller untuk membuang program- program tersebut secara komplit, misalnya Revo Uninstaller Free. Buang temporary atau junk file yang menumpuk dengan CCleaner dan lakukan Defragment hard disk secara teratur. Anda juga bisa tidak mengaktifkan Service dan Fitur yang tidak anda gunakan dalam Windows seperti Indexing Service dan Windows Aero.
Sebagai tambahan, anda bisa mengganti pengaturan BIOS yang sesuai dengan Motherboard anda. Cari nama manufaktur Motherboard anda dan cari di internet pengaturan BIOS yang sesuai. Anda bisa gunakan search engine seperti Google untuk mencari di internet.

2 Responses to "Solusi Masalah Komputer Lambat"

  1. makasih gan tipsnya, masalah paling sering dialami pengguna: komputer lelet :D

    salam kenal Sinau Komputer

    ReplyDelete