Cara Meningkatkan Keamanan Komputer

Ancaman terhadap keamanan komputer bisa datang dari orang- orang di sekeliling anda ataupun orang- orang yang jauh dari anda dengan perantaraan internet. Untuk itu cara meningkatkan keamanan komputer yang bisa anda lakukan untuk menghindari kedua ancaman ini, diantaranya adalah:

1. Menggunakan password dalam BIOS, yaitu User Password yang diminta saat anda boot komputer, dan Supervisor Password yang diminta ketika ingin mengganti pengaturan dalam BIOS. Hal ini bisa mencegah booting dari external media seperti CD atau Flash Disk oleh orang lain. Jika seseorang bisa melakukan booting dengan external media seperti Live CD, maka orang tersebut bisa mengakses data- data dalam komputer anda. Untuk memasuki BIOS, anda bisa tekan tombol F2 atau DEL ketika pertama booting, yaitu sebelum masuk ke sistem operasi.


2. Kunci case komputer anda agar pengaturan BIOS anda tidak bisa di reset dari motherboard.
3. Update sistem operasi komputer anda secara otomatis dan instal security patch seperti Service Pack.
4. Instal Firewall seperti Comodo Firewall atau aktifkan Firewall Windows.
5. Instal Anti Virus atau Internet Security, seperti KasperskyMicrosoft Security Essential, atau Avast Free Anti Virus.
6. Instal update atau patch dari program- program yang anda gunakan, termasuk Web Browser.
7. Hati- hati terhadap Spyware yang memungkinkan aktifitas anda bisa dipantau. Hindari meng-klik link atau membuka attachment dalam email yang anda tidak ketahui pengirimnya. Instal program seperti SUPERAntispyware untuk membersihkan komputer anda dari Spyware.
8. Gunakan strong password untuk login ke sistem operasi anda, minimal gunakan 20 karakter yang terdiri dari huruf, nomer dan simbol. Usahakan menggunakan password yang beda pada yang lainnya.
9. Gunakan TrueCrypt untuk melakukan encryption pada sistem operasi, partisi, folder atau file- file anda.
10. Perkuat keamanan jaringan internet anda, terutama jika anda menggunakan Wireless Router. lihat tutorial Cara Mengamankan Wireless Atau Wifi.
11. Matikan komputer anda jika tidak digunakan dan simpan dalam kamar terkunci jika anda keluar rumah.

0 Response to "Cara Meningkatkan Keamanan Komputer"

Post a Comment