Cara Mengamankan Wireless Atau Wifi

Dengan banyaknya teknik yang bisa digunakan untuk melacak password wireless, seperti aircrack-ng dan reaver, maka anda juga harus meningkatkan keamanan wireless router anda dengan berbagai cara, agar terbebas dari intruder atau pencuri jaringan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan keamanan jaringan wireless router atau wifi anda, diantaranya:

1. Memakai password yang sulit untuk dilacak, usahakan password anda merupakan kombinasi huruf, nomer dan karakter khusus.
2. Jangan aktifkan SSID Broadcast, sehingga orang- orang tidak bisa melihat nama wireless anda.
3. Aktifkan fitur Mac Filter, masukkan mac address dari tiap- tiap komputer atau device yang anda inginkan ke dalam daftar komputer atau device yang bisa memakai jaringan wireless anda, sehingga komputer atau device yang tidak termasuk dalam daftar tidak bisa mengakses jaringan wireless atau wifi anda.
4. Pasang administrator password.
5. Update firmware-nya.
6. Ada juga cara lain yang bisa anda gunakan untuk mencegah komputer orang lain yang anda tidak kenal untuk connect ke jaringan wireless anda, yaitu dengan menggunakan software atau program. Netcut adalah program yang bisa anda gunakan untuk memutus connection antara komputer dengan wireless router. Anda bisa download netcut 214 di http://arcai.com. Setelah download dan instal dalam komputer anda, klik kanan pada icon dan pilih Run as Administrator.
Setelah program anda buka, klik Choice NetCard dan pilih nama wireless card anda, lalu klik OK. Tunggu beberapa detik sampai semua komputer atau device yang mengakses jaringan wireless anda muncul. Dari daftar yang muncul, jika anda mencurigai komputer atau device yang anda tidak kenal, klik komputer atau device tersebut dalam daftar, lalu klik Cut off (Ready), maka selanjutnya komputer atau device yang anda pilih tersebut tidak bisa lagi mengakses jaringan wireless anda. Jika anda ingin agar komputer atau device tadi kembali bisa mengakses jaringan wireless anda, klik Resume.
Anda juga bisa gunakan Who Is On My WiFi yang bisa di-download Free Trial atau sekalian membeli lisensinya di http://www.whoisonmywifi.com. Setelah anda download dan instal, lakukan scan untuk melihat komputer atau device yang menggunakan Wifi anda, kalau ada yang tidak anda kenal, anda bisa blokir dengan memberi tanda dalam kotak kecil di bagian Block dan klik "Yes".

0 Response to "Cara Mengamankan Wireless Atau Wifi"

Post a Comment