Cara Dual Boot Windows 7 Dengan XP


Jika anda memiliki Windows 7 yang telah diinstal dalam komputer anda, dan anda ingin mendampingkannya dengan Windows XP dengan sistem dual boot, maka anda bisa melakukannya dengan syarat anda memiliki dua partisi dalam hard drive. Jika anda cuma memiliki satu partisi, maka anda harus membuat satu partisi tambahan. Untuk membuat partisi baru, anda bisa lihat tutorial Membuat Partisi Windows 7.
Setelah anda membuat partisi baru, maka langkah selanjutnya adalah meng-instal Windows XP dalam partisi yang baru anda buat tadi. Ketika instalasi Windows XP telah selesai, dan pada saat anda restart komputer, anda tidak bisa secara otomatis memiliki sistem dual boot, karena boot loader Windows 7 telah diambil- alih oleh Windows XP. Untuk mengaktifkan kembali boot loader Windows 7 agar anda bisa dual boot dengan XP, anda bisa gunakan DVD instalasi Windows 7 dengan menjalankan opsi Repair your computer:


Setelah System Recovery Options muncul, anda bisa pilih opsi Startup Repair dan Windows memperbaiki boot loader Windows 7, atau anda juga bisa pilih opsi Command Prompt dengan memberikan perintah bootRec.exe /fixmbr.
Anda juga bisa gunakan program easyBCD yang bisa anda download di CNET Download. Setelah anda download dan instal easyBCD dalam Windows XP:


Klik BCD Backup/Repair pada bagian kiri window, lalu tandai Reset BCD configuration pada bagian kanan window, kemudian klik Perform Action. Selanjutnya pada window yang muncul, tentukan drive tempat instalasi Windows 7, lalu klik OK. Jika masih belum bisa dual boot, pilih opsi Re-create/repair boot files. Maka selanjutnya anda sudah bisa memilih antara Windows 7 atau XP pada saat booting.


0 Response to "Cara Dual Boot Windows 7 Dengan XP"

Post a Comment