Solusi Masalah Malware

Malware adalah singkatan dari Malicious Software, yaitu software atau program yang dibuat untuk mengacaukan sistem komputer, mendapatkan informasi atau untuk membuka akses ke komputer orang lain. Program ini bisa berupa kode atau script. Virus, trojan horse, adware dan spyware adalah termasuk Malware. Dan jika sudah menginfeksi komputer, maka Malware bisa menguasai komputer anda dan akan memenuhinya dengan file- file yang tidak diinginkan. Maka sering akan muncul pop-up window atau toolbar yang mengganggu, dan akan membuat komputer jadi lambat. Berikut adalah langkah- langkah dalam memberikan solusi masalah malware:

1. Berhati- hati ketika browsing, download dan instal software.
Malware tidaklah secara otomatis memasuki komputer anda, sering tanpa anda sadari, malware masuk dengan bantuan anda sendiri. Ketika anda browsing, kadang ada peringatan bahwa situs yang anda kunjungi tersebut adalah situs yang berbahaya, maka jangan anda masuki. Ketika anda mau download, anda tidak hati- hati memilih tombol yang seharusnya anda klik, malah meng-klik tombol yang lain. Atau ketika anda mau instal software, ada program lain yang ditawarkan. Pokoknya, sebelum anda klik "Yes", "Accept" atau "Next", maka anda harus memperhatikan dengan baik apa yang ditawarkan. Apa- apa yang anda tidak ketahui atau ragu, maka jangan terima, jangan biarkan terinstal dalam komputer anda. Kunjungi situs, download file dan instal software yang anda benar- benar ketahui dan mempercayai sumbernya.
2. Perhatikan browser yang anda gunakan.
Usahakan menggunakan browser yang versi terakhir atau up to date, karena bowser yang out of date memiliki vulnerability atau celah yang bisa dimanfaatkan oleh para penyebar malware. Pastikan anda gunakan  browser salah satu di antara yang termasuk tiga besar, yaitu Google Chrome, Firefox atau Internet Explorer. Tapi di antara yang tiga ini, Google Chrome adalah yang terbaik dalam mekanisme perlindungan terhadap serangan malware atau social driven attack.
3. Gunakan perlindungan software.
Anda bisa gunakan Anti Virus atau Internet Security untuk senantiasa menjaga sistem anda dari malware yang kemungkinan tanpa sengaja anda undang atau malware yang bisa menembus browser yang anda gunakan. Bisa juga anda gunakan software khusus anti malware seperti MalwarebytesSUPERAntiSpyware, atau ComboFix.
4. Penanganan jika terinfeksi Malware.
Jika ketiga langkah di atas telah anda jalankan dan tetap terinfeksi malware, maka lakukan langkah- langkah berikut:
- Lakukan scan dengan anti virus anda dan juga software anti malware.
- Jika dengan anti virus dan anti malware tidak memberikan solusi, gunakan RKill untuk menghentikan proses operasi malware. Setelah jalan RKill, jangan restart komputer tapi langsung jalankan lagi scan dengan anti virus dan software anti malware.

- Jika belum memberikan solusi, maka anda bisa mengulangi langkah di atas dalam Safe Mode, yaitu dengan menjalankan RKill terlebih dahulu kemudian melakukan scan dengan anti virus dan software anti malware.
- Jika langkah- langkah di atas belum bisa memberikan solusi secara total, maka anda bisa menggunakan AVG Rescue CD atau Bit Defender Rescue CD untuk melakukan scan dan menghapus malware dengan cara booting dari Rescue CD tersebut.

0 Response to "Solusi Masalah Malware"

Post a Comment