Cara Mengakses Safe Mode Dengan Mudah

Safe Mode adalah fitur yang sangat bermanfaat dalam Windows yang sering digunakan untuk troubleshooting, karena pada Safe Mode, program dan aplikasi tidak ikut loading bersama Windows. Jika komputer anda terinfeksi virus, masalah dengan software atau driver, maka anda bisa booting dalam Safe Mode dan melakukan scan untuk mendeteksi virus atau melakukan uninstal software atau driver.

Untuk mengakses Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8 pada keyboard sebelum Windows start. Tapi bagaimana jika tombol F8 tidak berfungsi, atau jika anda telat menekan tombol F8. Untuk itu ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengakses Safe Mode dengan mudah, yaitu dengan menambahkan opsi Safe Mode pada Boot loader Windows. Dengan demikian, ketika anda booting akan tampil dua pilihan, apakah anda mau booting dengan Windows secara normal atau dengan Safe Mode.

Untuk memunculkan fitur ini, anda bisa menggunakan software VistaBootPRO yang bisa anda download di http://www.softpedia.com.


1. Instal dan buka VistaBootPRO lalu klik 'Manage Entries'. Jika anda menggunakan Windows 7, biasanya akan muncul warning, abaikan saja.

2. Beri tanda centang pada kotak kecil di samping 'Add New OS Entry' untuk mengaktifkannya. Beri nama pada kolom 'OS Name' misalnya Windows 7 Safe Mode.

3. Pada OS Type pilih Windows Vista walaupun anda menggunakan Windows 7.

4. Pilih drive C: pada kolom OS Drive.

5. Klik 'Apply Updates', dan anda telah menambahkan Safe Mode pada Windows Boot loader.

Setelah melakukan langkah di atas, buka System Configuration dengan mengetikkan msconfig pada search box atau Run, lalu klik tab boot. Kemudian beri tanda centang pada kotak kecil di samping Safe boot lalu klik 'Apply'. Maka ketika anda booting, maka akan muncul Windows boot manager untuk memilih antara Windows secara normal atau Safe Boot. Tutorial ini berlaku untuk Windows Vista dan 7.


Selain cara ini, anda juga bisa menggunakan BootSafe untuk mengakses Safe Mode dengan mudah. Download dan jalankan program BootSafe, dan anda akan diberi opsi Safe Mode, pilih salah satunya. Setelah anda pilih opsi Safe Mode yang anda inginkan, klik "Modify and Reboot", maka komputer akan restart dan membawa anda ke Safe Mode. BootSafe bisa digunakan pada Windows XP, Vista, 7 dan 8.


Semoga bermanfaat.

Sebagai tambahan, anda bisa lihat Cara Mengakses Safe Mode Windows 8.1 atau Cara Mengakses Safe Mode Windows 8

Wassalam.

0 Response to "Cara Mengakses Safe Mode Dengan Mudah"

Post a Comment