Cara Menguatkan Signal Wifi / Wireless

Lemahnya signal wifi atau wireless membuat koneksi internet kita juga bisa tersendat- sendat dan sering membuat kita frustasi. Jika wireless digunakan oleh beberapa komputer di rumah, di kantor atau di cafe, maka tentu tidak memungkinkan untuk menempatkan semua komputer berdekatan dengan wireless, karena ada tata letak yang harus diperhitungkan. Untuk itu kita harus berusaha mencari solusi lain, yaitu cara menguatkan signal wifi agar semua komputer atau device lainnya bisa menjangkau di tempatnya masing- masing. Berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menguatkan signal wireless anda:

1. Tempatkan posisi wireless router di tengah- tengah ruangan yang memungkinkan signalnya menjangkau semua komputer dan ditempat yang agak tinggi, karena gelombang wireless menyebar secara mendatar dan ke bawah. Usahakan penempatan wireless jauh dari benda- benda yang bisa mengacaukan signal seperti telepon tanpa kabel dan oven microwave.
2. Ganti channel wireless ke channel yang tidak terlalu padat jika terdapat wireless router lain yang beroperasi di sekitar anda. Anda bisa gunakan inSSIDer untuk melihat wireless yang beroperasi di sekitar anda.


3. Update firmware wireless router. Kunjungi website wireless router anda untuk melihat kemungkinan adanya update terbaru untuk firmware wireless router anda.
4. Instal DD-WRT jika wireless router anda mendukung instalasi DD-WRT.
5. Gunakan reflector yang ditempatkan dekat komputer penerima. Anda bisa menggunakan CD bekas sebagai reflector dan menggunakan NetStumbler untuk mengatur posisi yang lebih baik.

6. Gunakan wireless repeater untuk menguatkan lagi signal wireless anda.
7. Gunakan Wifi Amplifier atau Wifi Booster.
8. Jika anda ingin signal yang lebih kuat lagi, maka sebaiknya anda mengganti wireless router yang standard dengan wireless router N atau wireless router G + MIMO
9. Pertimbangkan untuk menggunakan dua wireless router.

0 Response to "Cara Menguatkan Signal Wifi / Wireless"

Post a Comment