Repair Windows 8.1 Dengan System Restore

System Restore adalah fitur yang sangat penting dalam setiap sistem operasi Windows, termasuk Windows 8.1. Dengan System Restore, anda bisa mengembalikan kondisi Windows yang telah bermasalah ke kondisi Windows yang masih stabil. Jika anda mengalami masalah dengan Windows 8.1, apakah mengalami Blue Screen, terjangkit virus atau ransomware, tidak bisa start / boot, atau masalah- masalah lainnya, maka anda bisa melakukan repair dengan menjalankan System Restore. Anda hanya butuh untuk memilih Restore Point yang menurut anda kondisi Windows saat itu masih stabil. System Restore bisa dilakukan dari dalam Windows 8.1 melalui Control Panel > System and Security > System > System Protection, atau bisa juga melalui Safe Mode dengan membuka Command Prompt dan memberikan perintah rstrui.exe lalu menekan Enter. Tapi jika Windows 8.1 tidak bisa boot atau masuk ke Safe Mode, maka cara lainnya adalah dengan menggunakan Media Installer Windows 8.1. Cara repair Windows 8.1 dengan System Restore melalui Media Installer adalah sebagai berikut:

1. Boot dengan menggunakan Media Installer Windows 8.1.

2. Pilih opsi "Repair your computer".


3. Selanjutnya pilih opsi "Troubleshoot".


4. Selanjutnya pilih opsi "Advanced options".


5. Selanjutnya pilih opsi "System Restore".


6. Selanjutnya pilih Sistem Operasi yang anda ingin repair, dalam hal ini adalah Windows 8.1.


7. Ketika window System Restore muncul, klik "Next".


8. Selanjutnya pilih salah satu Restore Point yang ada, Anda juga juga bisa meng-klik "Scan for affected program" untuk melihat program apa yang terkena efek dari Restore Point yang anda pilih. Jika anda telah menentukan Restore Point, klik "Next".


9. Selanjutnya klik "Finish".


10. Selanjutnya akan muncul peringatan bahwa jika System Restore telah berjalan, anda tidak bisa menghentikan prosesnya sebelum selesai, klik "Yes" jika anda memang ingin melakukan System Restore.


11. Selanjutnya proses System Restore akan berjalan untuk mengembalikan kondisi Windows ke kondisi sesuai dengan Restore Point yang anda pilih, Tunggu prosesnya sampai selesai dan muncul pesan "System Restore completed succesfully....". lalu klik "Restart".


12. Setelah restart, maka kondisi Windows 8.1 telah kembali ke kondisi sesuai dengan Restore Point yang anda pilih, dengan jam, tanggal, bulan dan tahun yang tampil dalam pesan System Restore.


Demikianlah cara melakukan repair Windows 8.1 melalui System Restore, yang bisa anda gunakan jika komputer anda mengalami masalah.

1 Response to "Repair Windows 8.1 Dengan System Restore"

  1. misi gan mau tanya...
    1.restore point manual yg sdh dibuat kok bs ilang sendiri..apakah mungkin terhapus cc cleaner apa di windows 8.1 emang gitu
    2.kalo file hasil backup an tsb tersimpan dimana, bisa gak dicopy di FD trus kalo mau dipake tinggal di copy balik ke folder semula di laptop...kalo di android khan bisa tuh pake recovery semacam TWRP...salam

    ReplyDelete