Cara Melakukan Recovery Pada Laptop

Setiap komputer laptop yang pre-instal Windows OEM, pada umumnya memiliki partisi Recovery yang bisa digunakan untuk mengembalikan kondisi laptop kembali ke Factory Settings atau pengaturan pabrik, yaitu kondisi seperti pada waktu anda baru membeli laptop tersebut, dengan catatan semua program dan file yang akan terhapus kecuali yang memang terdapat pada saat anda membeli laptop tersebut. Mengembalikan kondisi laptop ke Factory Settings, bisa dilakukan jika sewaktu- waktu laptop anda mengalami masalah, misalnya terjadi Blue Screen, terinfeksi virus, tidak bisa boot, atau telah menjadi sangat lambat dan sering 'hang'. Untuk mengakses opsi Recovery ini, tiap- tiap merek laptop memiliki cara yang berbeda. Berikut ini adalah cara melakukan Recovery pada laptop dengan berbagai merek:

1. TOSHIBA.
Untuk melakukan Recovery pada laptop TOSHIBA, tekan tombol 0 pada saat komputer akan dinyalakan, dan ketika muncul bunyi 'beep', lepaskan tombol 0 dan pilih 'Yes' untuk masuk ke Recovery.

2. SONY.
Untuk melakukan Recovery pada laptop SONY, bisa dilakukan dengan menekan tombol F10 pada saat menyalakan laptop, tepat pada saat logo SONY muncul di layar monitor.

3. ACER.
Untuk melakukan Recovery pada laptop ACER, tekan tombol ALT pada saat logo ACER muncul, dilanjutkan dengan menekan secara berulang- ulang tombol F10.

4. HP.
Untuk melakukan Recovery pada laptop merek HP, bisa dilakukan dengan menekan tombol F11 secara berulang- ulang ketika menyalakan laptop dan tepat pada saat muncul logo HP. Selanjutnya anda bisa mengakses HP Recovery Manager.


5. ASUS.
Untuk melakukan Recovery pada laptop merek ASUS, adalah dengan menekan tombol F9 pada saat menyalakan laptop, yaitu tepat pada saat muncul logo ASUS.

6. LENOVO.
Untuk melakukan Recovery pada laptop merek LENOVO, adalah dengan menekan tombol F11 pada ketika menyalakan laptop, yaitu tepat pada saat muncul logo LENOVO.

7. DELL.
Untuk melakukan Recovery pada laptop merek DELL, adalah dengan menekan tombol F8 secara berulang- ulang ketika menyalakan komputer, yaitu tepat pada saat logo DELL muncul.

8. SAMSUNG.
Untuk melakukan Recovery ke Factory Settings pada laptop merek SAMSUNG, adalah dengan menekan tombol ESC ketika akan menyalakan laptop dan melepaskannya ketika muncul opsi Recovery, dan pilih Samsung Recovery Solution. Bisa juga dengan menekan tombol F4 tepat pada saat muncul logo SAMSUNG.

Demikianlah cara melakukan Recovery pada berbagai merek laptop. Perlu anda ingat bahwa jika anda tidak berhasil mengakses opsi Recovery pada kali pertama, anda bisa mengulangi kembali mematikan dan menyalakan komputer, lalu menekan tombol yang tepat pada saat yang tepat. Dan jika anda telah berhasil masuk ke opsi Recovery, anda tinggal mengikuti petunjuk- petunjuk yang telah tersedia, atau jika anda ragu, sebaiknya anda mengunjungi situs resmi merek komputer dan melihat petunjuknya secara mendetail.

0 Response to "Cara Melakukan Recovery Pada Laptop"

Post a Comment