Cara Melakukan Tes Pada Hard Disk

Hard Disk atau Hard Drive adalah tempat penyimpanan utama yang berkapasitas besar. Sistem operasi, aplikasi- aplikasi dan file- file lainnya tersimpan dalam Hard Disk. Melakukan tes pada Hard Disk adalah perlu, terutama jika anda merasa bahwa mungkin ada masalah dengan Hard Disk anda, misalnya jika anda mendengar ada suara yang agak bising dari Hard Disk, atau ketika anda melakukan defragment, anda diminta untuk melakukan tes pada Hard Disk. Melakukan tes pada hard disk adalah penting untuk mengetahui kondisi kesehatan hard disk. Sebelum komputer anda mengalami hard disk failure, sebaiknya anda melakukan tes untuk mempersiapkan diri untuk melakukan backup. Untuk melakukan tes pada Hard Disk, anda bisa menggunakan beberapa tool, diantaranya:

1. Menggunakan Error Checking.
Anda bisa melihat tutorial Mengatasi Masalah Windows XP Dengan Error Checking untuk menggunakan cara ini. Dengan Error Checking, Windows bisa melakukan tes mendasar pada Hard Disk dan bisa memperbaiki jika ada terdapat error.
2. SeaTools.
Seatools adalah software gratis untuk melakukan tes pada harddisk yang tersedia dalam dua bentuk:
- Seatools dalam bentuk DOS yang khusus untuk harddisk Seagate dan Maxtor dan beroperasi secara independen di luar sistem operasi, dijalankan dari CD atau Disk.
- Seatools untuk Windows yang bisa anda instal dalam sistem operasi Windows, dan bisa melakukan tes secara basic dan advance pada semua jenis harddisk, internal atau external.
 Anda bisa download program dan petunjuk penggunaannya di http://www.seagate.com.
3. CrystalDiskInfo. Anda bisa download program dan manualnya di http://crystalmark.info.
4. Hitachi Drive Fitness Test. Anda bisa download programnya dan lihat petunjuknya di https://www1.hgst.com. Tool ini tersedia dalam bentuk ISO Image yang harus diburning dan digunakan untuk booting komputer. Hitachi Drive Fitness Test bisa digunakan untuk melakukan tes pada berbagai jenis harddisk.
5. HDDScan. Anda bisa download programnya dan melihat petunjuknya di http://hddscan.com.

6. Samsung HUTIL.
Samsung HUTIL adalah tool gratis untuk melakukan tes diagnosa yang khusus buat harddisk Samsung. Tool ini tersedia dalam bentuk ISO Image yang harus diburning ke CD. Juga bisa digunakan dalam bentuk floppy disk. Samsung HUTIL bisa anda download di http://www.majorgeeks.com.
7. Fujitsu Diagnostic.
Fujitsu Diagnostic Tool adalah tool gratis untuk melakukan tes dignosa yang khusus buat harddisk Fujitsu. Tool ini tersedia dalam bentuk DOS yang bisa anda jalankan secara independen dari floppy disk dan dalam bentuk aplikasi untuk Windows. Tool ini bisa anda download di http://www.softpedia.com.

0 Response to "Cara Melakukan Tes Pada Hard Disk"

Post a Comment