Cara Instal Kali Linux Dual Boot Windows 8.1

Saya telah mencoba menggunakan Kali Linux dalam VirtualBox (Cara Instal Kali Linux Dalam VirtualBox) dan juga melalui Live USB (Cara Membuat Kali Linux Live USB), tapi saya belum merasa puas menggunakannya, karena dengan kedua cara tersebut, penggunaan Kali Linux memiliki keterbatasan. Untuk itu, saya lakukan instalasi Kali Linux langsung ke Hard Disk, tapi dengan catatan Windows 8.1 yang saya gunakan juga tetap berfungsi. Berikut ini adalah langkah- langkah yang saya tempuh sebagai cara instal Kali Linux dual boot Windows 8.1.

1. Download Kali Linux yang sesuai dengan platform yang saya gunakan, dalam hal ini Kali Linux 1.1.0 64 Bit dalam bentuk file ISO.

2. Membuat Kali Linux Live USB dengan menggunakan Win32 Disk Imager. Saya instal dan menjalankan Win32 Disk Imager dengan memilih opsi "Run as Administrator. Ketika memilih file ISO Kali Linux, saya pilih opsi *.* agar Win32 Disk Imager bisa membuka file ISO Kali Linux.



3. Menyusutkan partisi tempat instalasi Windows 8.1 dan membiarkannya "Unallocated". Saya menyusutkan sebesar 31 GB.


4. Setelah media instalasi dan partisi untuk instal Kali Linux siap, maka saatnya lakukan boot dengan media instalasi USB tersebut. Dalam hal ini, laptop saya masih menggunakan BIOS, bagi anda yang telah menggunakan UEFI, sebaiknya disable Secure Boot (Mengenal Dan Disable Secure Boot UEFI) dan Fast Startup (Cara Disable Fast Startup Windows 8 atau 8.1). Untuk boot menggunakan USB, bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan dalam BIOS / UEFI atau dengan menekan tombol tertentu pada saat komputer baru dinyalakan, dalam hal ini saya menekan tombol F12.


5. Setelah menu USB Live Kali Linux muncul, pilih "Install" atau "Graphical Install", dalam hal ini, saya pilih "Graphical Install".


6. Selanjutnya pilih Bahasa, Lokasi dan Keyboard, dengan meng-klik "Continue" pada tiap pilihan.




7. Selanjutnya lakukan pengaturan internet dengan memilih media yang anda gunakan, apakah Ethernet atau Wireless. Terhubung dengan internet lebih baik agar apa- apa yang diperlukan dalam proses instalasi bisa didownload.


8. Selanjutnya buat password untuk "root".


9. Selanjutnya pada saat disuruh memilih Partisi, saya memilih opsi "Guided - use the largest continuous free space" agar saya juga masih bisa menggunakan Windows 8.1, dalam hal ini dual boot.


10. Selanjutnya pilih "All files in one partition".


11. Selanjutnya pilih "Finish partitioning and write change...", lalu pilih "Yes".



12. Selanjutnya proses instalasi Kali Linux akan berlangsung dan tunggu sampai selesai. Pada saat opsi Network mirror, saya pilih "Yes". Dan ketika muncul informasi bahwa Kali Linux mendeteksi "Windows Vista (loader)", terima dan lanjutkan proses instalasi selesai.


13. Setelah proses instalasi selesai, lakukan reboot, dan akan muncul "GRUB" yang menampilkan opsi untuk boot Kali Linux atau Windows.


Demikianlah langkah- langkah yang saya lakukan dalam melakukan instalasi dual boot Kali Linux dengan Windows 8.1.

6 Responses to "Cara Instal Kali Linux Dual Boot Windows 8.1"

  1. Bisa bantu saya lewat fb gak gan
    Fb.com/aarzaary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja. Kirim aja pesan ke solusi masalah komputer di FB.

      Delete
  2. Om , bisa ajarin via teamviewer? add fb ku, fb.com/korozoky

    mkasih

    ReplyDelete
  3. ass gan mau tanya nie . . . koq gk bsa di instal ya kali linux 32 bit nya . . . .

    ReplyDelete
  4. apa partisi kita gak ilang tuh gan!?
    dan kalo ada video tolong review donk gan

    ReplyDelete
  5. gan, kenapa ya setelah saya install dual boot kali linux...pada saat grub loader cuma ada OS kali linux dan windows 8.1 saya tidak ada padahal windows 8.1 nya masih terinstall di PC saya tetapi nggak ada di menu grub loader....minta tolong gan, ^_^

    ReplyDelete