Instal VirtualBox Dalam USB

Dengan VirtualBox atau VMWare, anda bisa meng-instal beberapa Sistem Operasi dalam satu komputer. Kelebihan lain dari VirtualBox adalah anda bisa mencoba software atau program tanpa takut mempengaruhi sistem operasi utama yang anda gunakan. Tapi sekarang telah muncul lagi cara baru dalam penggunaan VirtualBox yang bisa anda coba, yaitu meng-instal-nya dalam USB Flash Disk. Dengan cara ini, anda bisa memiliki beberapa Sistem Operasi yang bisa anda gunakan dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam artian Portable atau bisa dibawa kemana- mana. Berikut ini adalah cara instal VirtualBox dalam USB:

1. Siapkan USB Flash Disk, lebih besar lebih baik.

2. Download Portable-VirtualBox dan membukanya, lalu extract file-nya ke USB Flash Disk yang anda ingin gunakan untuk instal VirtualBox.


3. Selanjutnya masuk ke direktori USB Flash Disk dan buka Portable-VirtualBox.exe. Pilih bahasa, sebaiknya bahasa default, yaitu English. Selanjutnya klik "Download installation files of VirtualBox" dan tandai "Extract the files for a 32-Bit system" atau 64-Bit system, tergantung system yang anda ingin gunakan. Tandai juga "Start Portable-VirtualBox after the extract and/or compress". Tapi jangan langsung klik "OK". Tunggu sampai proses download selesai.


4. Setelah muncul pesan "Ready with the download!...", klik "OK" dan tunggu prosesnya sampai selesai



5. Selanjutnya klik "OK" ketika muncul window seperti dalam image berikut:


6. Jika terjadi error, tutup dulu VirtualBox melalui Tray dan klik "Quit VirtualBox".


7. Selanjutnya buka kembali VirtualBox dengan meng-klik Portable-VirtualBox Application dalam direktori USB Portable-VirtualBox.


8. Selanjutnya anda sudah bisa meng-instal sistem operasi dalam Portable-VirtualBox dalam USB.


Anda bisa lihat postingan:

Cara Instal Windows 10 Preview Dalam VirtualBox

Cara Instal Kali Linux Dalam VirtualBox

Demikianlah cara meng-instal VirtualBox dalam USB Flash Disk yang bisa anda gunakan untuk instal berbagai sistem operasi yang bisa anda bawa kemana saja.

0 Response to "Instal VirtualBox Dalam USB"

Post a Comment