Cara Menutup Program Melalui Command Prompt


Anda mungkin sudah tahu bagaimana caranya menutup program melalui Task Manager. Ketika ada program yang Not Responding, anda tekan tombol CTRL + ALT + DEL untuk membuka Task Manager dan menutup program yang Not Responding tersebut. Tapi kadang program tidak bisa ditutup melalui Task Manager, anda sudah klik tombol "End Process" tapi program yang anda mau tutup masih tetap berjalan. Untuk itu sebaiknya anda gunakan tool yang powerful, yaitu dengan menggunakan Command Prompt.
Cara menutup program melalui Command Prompt adalah dengan menggunakan perintah TASKKILL, dengan disertai parameter tertentu, yaitu:
- /f = menekankan untuk menutup program secara paksa.
- /t = menekankan untuk menutup program berikut proses yang berkaitan dengan program tersebut.
- /pid = menekankan untuk menutup program dengan Process ID.
- /im = menekankan untuk menutup program dengan Image Name.
Untuk melakukan tugas ini, anda harus membuka Command Prompt dengan memilih opsi "Run as Administrator". Sebelum anda menjalankan perintah TASKKILL, sebaiknya anda jalan dulu perintah TASKLIST untuk melihat program- program yang berjalan lengkap dengan Image Name dan Process ID-nya.
Misalnya anda ingin menutup program Notepad, maka anda bisa ketik perintah taskkill /im notepad.exe /f, lalu tekan tombol "Enter". Jika anda mau menggunakan Process ID, maka anda bisa ketik perintah taskkill /pid 3044 /f, lalu tekan "Enter".



0 Response to "Cara Menutup Program Melalui Command Prompt"

Post a Comment