Mengatasi Masalah Komputer Dengan Hiren's BootCD

Hiren's BootCD adalah tool yang memiliki banyak kegunaan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah- masalah yang muncul dalam pengoperasian komputer. Di dalamnya terdapat berbagai program atau software yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang muncul. Misalnya komputer anda tidak bisa boot, maka dengan Hiren's BootCD anda bisa memperbaiki NTLDR atau memperbaiki MBR (lihat Repair Masalah Boot Dengan Hiren's Boot CD), bisa juga anda gunakan untuk mendapatkan file atau data yang ada dalam hard disk. Untuk mengatasi masalah komputer dengan Hiren's BootCD, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan download file Hiren's Boot CD di hirensbootcd.org/download kemudian membuat media yang berupa CD atau USB Flash.

Karena USB Flash lebih mudah dan aman digunakan, maka sebaiknya anda membuat media dalam bentuk USB Flash, untuk itu, anda bisa gunakan Rufus untuk meng-copy file Hiren's BootCD ke dalam USB Flash untuk menjadikannya bootable.


Setelah anda membuat media Hiren's BootCD, maka untuk menggunakannya adalah dengan cara boot dengannya. Anda bisa mengatur boot dari USB dalam BIOS atau Boot Menu. Misalnya jika anda menggunakan laptop Toshiba, maka untuk mengakses Boot Menu, tekan tombol F12 ketika muncul logo Toshiba dan pilih "USB" lalu tekan ENTER.


Selanjutnya akan ditampilkan menu Hiren's Boot CD yang bisa anda pilih seperti dalam gambar berikut.


Misalnya jika anda ingin melakukan reset atau menghilangkan password Windows, maka anda bisa pilih Offline NT Password, atau Memtest86+ jika anda ingin melakukan tes memory. Tapi jika anda ingin mengakses berbagai jenis program atau software, maka pilih opsi "Mini Windows Xp". Mini Windows Xp adalah semacam Live CD yang bisa anda gunakan sebagai mana layaknya Windows XP. Untuk mengakses program dalam Mini Windows Xp, klik tombol "Start", lalu klik "HBCD Menu".


Selanjutnya klik "Browse Folder".


Selanjutnya akan ditampilkan daftar berbagai program atau software yang bisa anda double-click untuk membukanya.


Dengan program yang terdapat dalam daftar Hiren's BootCD, anda bisa mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan komputer, apakah masalah yang berkaitan dengan Virus, Partisi, Recover Data, Hardware, Driver dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu per satu.



Sebaiknya anda membuat dan menyimpan media Hiren's BootCD yang sewaktu- waktu bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah komputer yang bisa saja anda alami nantinya,

0 Response to "Mengatasi Masalah Komputer Dengan Hiren's BootCD"

Post a Comment