Cara Menggabung / Merge Partisi Windows

Jika anda memiliki lebih dari satu Partisi dan bermaksud untuk menggabungkan atau merge dua partisi menjadi satu maka hal ini bisa anda lakukan dengan mudah. Cara menggabung atau merge partisi Windows bisa dengan menggunakan aplikasi freeware, yaitu Easeus Partition Master Home Edition yang bisa anda download di http://download.cnet.com.
Untuk lebih mudahnya, lakukan langkah- langkah berikut:

1. Download dan instal Easeus Partition Master Home Edition.

2. Buka aplikasi tersebut dan klik "Partition Manager".


3. Setelah anda dalam Partion Manager, klik Partisi yang anda ingin gabung atau merge, dan selanjutnya klik "Merge".


4. Selanjutnya pada window yang muncul, klik partisi yang anda ingin gabungkan dengan yang pertama anda klik dan klik "OK".


5. Setelah anda klik "OK", maka dalam daftar partisi sudah kelihatan partisi tersebut jadi satu, tapi prosesnya masih pending. Anda harus klik "Apply" untuk melanjutkan proses merge tersebut.


6. Selanjutnya klik "Yes" untuk apply proses yang masih pending tersebut.

7. Dan klik "Yes" sekali lagi untuk mengizinkan aplikasi  reboot / restart komputer untuk melanjutkan proses penggabungan partisi tersebut.

8. Anda tidak perlu menekan tombol apa- apa setelah komputer restart, biarkan aplikasi Easeus Partition Master Home Edition yang bekerja sampai operasi tersebut sukses. Dan mungkin komputer anda restart beberapa kali.

Sebagai tambahan, anda bisa melihat Mengatur Partisi Dengan Minitool Partition Wizard atau Program Untuk Mengatur Partisi Hard Disk.

0 Response to "Cara Menggabung / Merge Partisi Windows"

Post a Comment