Cara Mengganti Menu Dual Boot Windows 8


Jika anda instal Windows 8 dual boot dengan Windows lainnya seperti Windows Vista atau Windows 7 dan Windows 8 sebagai default, maka ketika anda membuka komputer, Windows 8 akan booting dulu baru kemudian muncul menu dual boot dimana anda bisa memilih OS Windows lainnya. Ini dikarenakan Metro Boot Loader yang dikembangkan dalam Windows 8. Tentu hal ini adalah satu masalah jika anda mau secepatnya booting ke OS Windows yang lain, bukan Windows 8.
Untuk mengatasi masalah ini, maka anda harus mengganti menu dual boot tersebut. Cara mengganti menu dual boot Windows 8 ini adalah dengan melakukan disable metro boot loader atau menjadikan Windows lainnya sebagai default.
Untuk disable metro boot loader, maka anda bisa melakukannya dengan membuka Command Prompt sebagai Administrator dan mengetik perintah bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy lalu tekan "Enter" dan akan muncul pesan "The operation completed succesfully". Kemudian restart komputer.
Sedangkan untuk menjadikan Windows lainnya misalnya Windows 7 sebagai default, maka ketika anda berada dalam Windows 8, klik icon Windows Explorer di Task Bar, kemudian klik kanan Computer dan pilih "Properties" > "Advanced system settings". Selanjutnya klik "Settings" pada bagian "Startup and Recovery" dalam tab "Advanced". Kemudian pilih Windows 7 dalam kolom "Default operating system" lalu klik "OK".
Setelah anda lakukan salah satu cara di atas, maka setelah anda restart komputer, anda bisa langsung memilih OS yang anda inginkan tanpa harus booting dulu ke Windows 8.


Setelah anda mengganti menu dual boot seperti di atas, anda juga bisa mengganti nama sistem operasi dalam Windows Boot Manager (Lihat Cara Mengganti Nama Sistem Operasi Dalam Windows Boot Manager).

4 Responses to "Cara Mengganti Menu Dual Boot Windows 8"

  1. gan mau tanya, sy dulu pake dual boot yaitu win 7 dan win 8, awalnya pas starup tertera pilihan untuk masuk windowsnya.. tapi setelah sy instal ulang win 7nya kok kagak muncul lagi pilihan windosnya.. solusinya gmana gan? soalnya sy kagak bisa masuk ke win 8 sy lg..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan EasyBCD untuk membuat menu dual boot lagi. Bisa juga gunakan perintah Bootrec.exe /scanOS untuk memastikan kedua OS masih OK, jika muncul 2 daftar OS lanjutkan dengan perintah Bootrec.exe /RebuildBcd. Semoga bisa membantu.

      Delete
  2. gan maun nannay nih klo mau balik lagi ke metro boot loader nya gmna ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau kembali lagi ke metro boot loader gunakan perintah bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard.

      Delete