Menjadikan Program Sebagai Startup Program

Banyaknya Startup Program dalam Windows bisa membuat Windows lambat loading atau boot. Untuk itu sebaiknya anda melakukan edit pada Startup Program. Program yang tidak penting, sebaiknya anda Disable. Tapi bagaimana jika ada program yang sering anda gunakan dan ingin menjadikannya sebagai Startup Program?. Bisa, agar program tersebut nantinya akan start bersamaan dengan Windows. Cara menjadikan program sebagai Startup Program dalam Windows adalah dengan menambahkan shortcut program tersebut ke dalam Folder Startup Program. Caranya seperti berikut ini:

1. Masuk ke folder program yang anda ingin jadikan Startup Program, misalnya Firefox. Masuk ke "Program Files" > "Mozilla Firefox" dan klik kanan firefox.exe lalu pilih "Create shortcut".


Tapi jika memang telah terdapat shortcut program tersebut di Desktop, anda tak perlu lagi membuat shortcut baru. Shortcut tersebut saja yang anda 'drag and drop' ke dalam Folder Startup Program.

2. Buka Folder Startup Program:

a. Untuk Windows 7, klik "Start" > "All Programs" dan klik kanan "Startup", pilih "Open".

b. Untuk Windows 8 dan Windows 8.1, copy path C:\Users\Nama User\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup ke Folder Bar dan tekan Enter. Nama User ganti dengan Nama User yang anda gunakan dalam Windows. Misalnya C:\Users\Abid\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup.


3. Selanjutnya 'drag and drop' shortcut program yang anda ingin jadikan sebagai Startup Program ke dalam Folder Startup. Seperti dalam gambar berikut, saya sudah masukkan shortcut Firefox ke dalam Folder Startup yang berarti Firefox nantinya akan ikut start bersama Windows.


Demikianlah caranya untuk menjadikan program favorit anda menjadi Startup Program.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Menjadikan Program Sebagai Startup Program"

Post a Comment