Cara Membuat Windows 8.1 Portable

Memiliki Windows yang bisa dibawa kemana- mana tentu mempunyai kelebihan tersendiri. Anda bisa mengoperasikan Windows punya anda sendiri pada komputer teman atau komputer kantor dengan pengaturan dan program yang telah anda atur sendiri. Anda juga bisa surf internet tanpa ragu meninggalkan jejak tentang situs yang anda kunjungi. Windows 8.1 adalah versi Windows yang bisa anda gunakan untuk membuat versi Portable sehingga bisa dibawa kemana- mana. Cara membuat Windows 8.1 Portable adalah sebagai berikut:

1. Siapkan USB Flash Disk dengan kapasitas minimal 16 GB, jika anda memiliki yang 32 GB tentu lebih baik. Untuk loading lebih cepat, sebaiknya menggunakan USB 3.

2. Installer Windows 8.1. Jika anda tidak memiliki Installer Windows 8.1, lihat Cara Mendapatkan Installer Windows 8.1.

3. Download GImageX.

4. Extract file ISO Windows 8.1 ke folder yang telah anda siapkan. Untuk melakukan extract, gunakan 7-Zip.


5. Setelah selesai di-extract, cari file instal.wim yang berada dalam direktori "Sources".


6. Buka GImageX dan klik tab "Apply". Selanjutnya klik "Browse" pada bagian "Source" dan pilih file install.wim tadi. Kemudian klik "Browse" pada bagian "Destination" dan pilih USB Flash Disk yang telah anda siapkan. Anda bisa tandai opsi "Verify" dan "Check", selanjutnya klik "Apply" dan tunggu prosesnya sampai selesai.




7. Setelah selesai proses extract instal.wim ke USB Flash Disk, buka Disk Management dan lihat apakah USB Flash Disk sudah dalam keadaan "Active". Kalau belum, lakukan klik kanan pada USB Flash Disk dan pilih "Mark Partition as Active. Untuk membuka Disk Management, lihat Cara Membuka Disk Management Windows 8.


8. Selanjutnya untuk menjadikan USB Flash Disk bisa booting, buka Command Prompt sebagai Administrator dan berikan perintah berikut:

- D: lalu tekan ENTER. D adalah Drive Letter USB Flash Disk dalam komputer saya, mungkin berbeda dalam komputer anda.

- cd Windows\system32, lalu tekan ENTER.

- bcdboot.exe D:\Windows /s D: /f  ALL, lalu tekan ENTER.


Setelah selesai semua proses di atas, anda sudah bisa menggunakan USB Flash Disk sebagai Windows 8.1 Portable.

0 Response to "Cara Membuat Windows 8.1 Portable"

Post a Comment