Passcape ISO Burner: Membuat Bootable DVD atau USB

Passcape ISO Burner adalah program yang sangat mudah digunakan karena memang diperuntukkan bagi yang belum berpengalaman dalam membuat bootable DVD atau USB Flash Disk. Passcape ISO Burner bisa membuat bootable DVD atau USB dari file ISO, apakah file ISO Windows atau Linux. Cara menggunakan Passcape ISO Burner untuk membuat bootable DVD atau USB dari file ISO adalah sebagai berikut:

1. Bootable DVD.

a. Klik kanan file "IsoBurner" dan pilih "Run as Administrator". Selanjutnya pilih opsi "Burn ISO image to CD/DVD". Pada bagian "Source ISO image file", pilih file ISO yang anda ingin jadikan bootable DVD.


b. Selanjutnya klik "BURN", tapi pastikan dulu anda telah memasukkan DVD kosong ke DVD Drive. Anda tidak perlu melakukan pengaturan, biarkan saja pengaturan default. Tunggu prosesnya sampai selesai dan DVD akan di-eject secara otomatis.



2. Bootable USB.

a. Pilih opsi "Create bootable USB disk" dan masukkan USB Flah Disk yang anda ingin jadikan bootable USB. Pilih file ISO dan selanjutnya klik "Next".


b. Pastikan USB yang anda gunakan terdeteksi dan pada "Target PC's firmware interface", anda bisa pilih opsi "BIOS" jika komputer / laptop anda menggunakan BIOS, atau UEFI jika komputer / laptop anda telah menggunakan UEFI. Setelah melakukan pengaturan, klik "CREATE".



c. Sebagai catatan, tidak semua file ISO bisa dijadikan bootable USB oleh Passcape ISO Burner. Seperti jika anda perhatikan dalam gambar, saya mengganti beberapa file ISO dan berhasil menjadikan file ISO Kali Linux menjadi bootable USB. Ketika muncul windows konfirmasi, klik "Yes" jika anda ingin lanjut.



Jika anda mengalami masalah dalam menggunakan Passcape ISO Burner untuk membuat bootable DVD atau USB, anda bisa gunakan program yang lain untuk membuat bootable DVD atau USB, lihat:

Cara Burning File ISO Windows atau Linux

Cara Burning ISO Windows Ke DVD dengan PowerISO

- Cara Instal Windows / Linux Dari USB

Program Untuk Membuat USB Yang Bisa Booting

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Passcape ISO Burner: Membuat Bootable DVD atau USB"

Post a Comment