Dual Boot Windows 8.1 Dengan Windows 10

Bagi yang berminat untuk mencoba Windows 10, microsoft telah mengeluarkan Technical Preview-nya. Karena masih dalam tahap percobaan, maka saya sarankan agar jangan dulu di-instal sebagai sistem operasi utama, tapi sebaiknya anda mencobanya dalam VirtualBox (Lihat Cara Instal Windows 10 Preview Dalam VirtualBox) atau dual boot dengan sistem operasi yang anda gunakan sekarang. Kali ini saya akan berikan tutorial tentang dual boot Windows 8.1 dengan Windows 10. Persyaratan hardware Windows 10 sama dengan Windows 8.1. Berikut ini langkah- langkah yang sebaiknya anda lakukan:

1. Buat satu partisi untuk instal Windows 10. Anda bisa melakukannya dalam Disk Management dengan melakukan "Shrink". Lihat Cara Membuka Disk Management Windows 8).


2. Download Windows 10 Preview jika anda belum punya, lihat Cara Download Windows 10 Technical Preview.

3. Copy file ISO Windows 10 ke USB dengan menggunakan Rufus.


4. Lakukan boot dengan menggunakan USB Windows 10 yang telah anda buat. Bagi yang menggunakan UEFI, bisa enable Legacy BIOS dan disable Secure Boot, lihat Mengenal Dan Disable Secure Boot UEFI.


5. Ketika telah boot dengan installer Windows 10, klik "Next".


6. Selanjutnya klik "Install Now".


7. Selanjutnya beri tanda pada "I accept the license terms" lalu klik "Next".


8. Selanjutnya klik "Custom: Install Windows only (Advanced)".


9. Selanjutnya pilih partisi yang telah anda siapkan untuk instal Windows 10 lalu klik "Next".


10. Selanjutnya Windows akan mulai proses instalasi. Anda tinggal menunggu dan akan terjadi restart. Yang anda harus lakukan hanyalah memberikan User Name, memilih lokasi waktu dan Settings (Sebaiknya pilih Express Settings). Setelah proses instalasi selesai, anda akan melihat opsi Dual Boot yang bisa anda gunakan untuk memilih antara Windows 8.1 atau Windows 10.



11. Jika setelah anda masuk ke Windows 8.1 dan opsi Dual Boot tidak muncul lagi ketika anda start komputer, maka anda harus disable "Fast Startup", lihat Cara Disable Fast Startup Windows 8 atau 8.1.

Semoga berhasil.

0 Response to "Dual Boot Windows 8.1 Dengan Windows 10"

Post a Comment