Cara Menghapus MyStartSearch.com

MyStartSearch.com adalah Browser Hijacker dan bisa dikategorikan sebagai Malware, yang jika anda tidak perhatikan ketika meng-instal program gratisan dari internet, maka MyStartSearch.com bisa ikut ter-instal. Jika terinstal, maka Homepage pada tiap browser akan menjadi www.mystartsearch.com, demikian juga dengan default search akan menjadi MyStartsearch. MyStartSearch.com juga menambahkan argumen  http://www.mystartsearch.com/?type=sc&ts=1415885612&from=sien&uid=TOSHIBAXMQ01ABF050_23NDW0C8TXX23NDW0C8T (Dalam komputer saya tambahan argumen-nya seperti ini) pada berbagai shortcut. Tentu saja hal seperti ini sangat menjengkelkan, apalagi jika anda memiliki Homepage dan search engine favorit. Cara menghapus MyStartSearch.com adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut:


1. Masuk ke Control Panel > Uninstall a program, dan cari "mystartsearch uninstall", lalu lakukan "Uninstall".



2. Selanjutnya, klik kanan shortcut tiap browser yang anda gunakan dan pilih "Properties". Pada bagian "Target", hapus argumen yang ditambahkan oleh MyStartSearch, yaitu http://www.mystartsearch.com/?type=sc&ts=1415885612&from=sien&uid=TOSHIBAXMQ01ABF050_23NDW0C8TXX23NDW0C8T.



3. Selanjutnya lakukan scan dengan AdwCleaner atau Junkware Removal Tool. Lihat Cara Mudah Menghapus Junkware, Toolbar atau Adware.



4. Selanjutnya lakukan Reset pada masing- masing browser, atau untuk lebih mudahnya jika anda memiliki beberapa browser, gunakan Trial Gridinsoft Trojan Killer. Untuk melakukan Reset pada semua browser, klik "Tools", lalu klik "Reset browser settings".


Atau anda juga bisa lihat tutorial berikut:

Cara Reset Browser Chrome

Cara Reset Internet Explorer

Cara Kembali Ke Pengaturan Awal Firefox

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghapus MyStartSearch.com dari browser dan komputer anda. Jika masih ingin melanjutkan pembersihan MyStartSearch.com, anda bisa lakukan scan dengan Malwarebytes, lihat Menghapus Malware Dengan Malwarebytes Anti Malware. Agar komputer anda tidak terus- terusan terinfeksi dengan program- program yang tidak diinginkan seperti ini atau Potentially Unwanted Program, sebaiknya lihat tutorial Cara Menghindari Program Yang Tidak Diinginkan.

Jika ada tambahan atau saran, jangan ragu masukkan di kolom komentar. Wassalam.

11 Responses to "Cara Menghapus MyStartSearch.com"

  1. makasih banget gan, atas pencerahannya...
    sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama- sama. Semoga udah bisa mengatasi masalah mystartsearch...

      Delete
  2. Terima Kasih, sudah 4 bulan saya mencari solusi atas masalah saya dengan mystartsearch dan akhirnya saya menemukan jawaban penyelesaian masalah saya melalui Web Bapak ini.. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya. Tool seperti Ultra Adware Killer juga bisa dicoba untuk digunakan menghapus Adware atau Browser Hijacker.

      Delete
    2. TERIMA KASIH pak
      laptop baru sehari tapi sudah diganggu penyakit,,
      mengganggu buangetsss bingitsss pak
      JRT sudah membantu
      terima kasih banyak pak

      Delete
  3. sepp bnget info nya pak ADMIN sudah berhasil saya basmi dengan AdwCleaner.exe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalo udah dibasmi. Memang cukup mengganggu juga kalo masih terus muncul. Jadi kalo dapat lagi Browser Hijacker yang lain, gunakan aja AdwCleaner untuk menghapusnya.

      Delete
  4. Mas mystartsearch nya gak ada di control panel,di program files juga tidak ada terus caranya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan aja scan menggunakan program- program tersebut serta membersihkan shorcut dengan cara seperti di atas.

      Delete
    2. saya coba bantu ya mas al fath.. saya baru alami jg, kalau saya td coba dgn cara
      pertama klik shortcut aplikasi browser yg mas pakai trus klik kanan kemudian pilih properties.. nah di kolom target coba hapus mulai dari tulisan mystartsearch sampai habi, setelah itu apply.
      kemudian buka salah satu aplikasi browser; misal google chrome, nah itu direset kepengaturan awal, caranya ada diatas(blog) kemudian coba scan ulang dgn aplikasi antivirus, sekian. semoga membantu ^^ dan terimakasih kpd bpk zainal.. infonya sangat membantu

      Delete
  5. terima kasih pak...sip banget infonya :)

    ReplyDelete