Mengatasi Komputer Lambat

Kecepatan komputer sebenarnya sangat bergantung dengan spesifikasi hardware. Jadi, jika anda benar- benar ingin meningkatkan kecepatan komputer anda, sebaiknya melakukan upgrade ke hardware yang lebih tinggi kecepatannya. Hardware yang paling berpengaruh terhadap kecepatan komputer adalah Processor, kemudian RAM, selanjutnya Hard Disk. Misalnya anda menggunakan Processor Intel Core i7, RAM DDR3 8GB dan menggunakan Solid State Drive, maka tentu kecepatan komputer anda akan meningkat. Tapi mengatasi komputer lambat tidaklah harus melakukan upgrade Hardware, namun bisa juga dengan melakukan optimalisasi dengan spesifikasi hardware yang komputer anda miliki sekarang. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan performa komputer anda sehingga bisa memberikan solusi terhadap lambatnya komputer anda adalah:

1. Hapus file- file yang anda tidak butuhkan. Anda bisa hapus atau pindahkan file- file ke external hard disk agar tidak menumpuk. Adapun file yang berupa temporary file atau junk file, anda bisa menghapusnya dengan menggunakan program seperti Disk CleanupCCleaner atau Clean Master.

2. Hapus atau uninstall program- program yang anda tidak butuhkan. Karena mungkin banyak juga program yang terinstal tanpa sepengetahuan anda. Masuk ke Control Panel > Uninstall Program untuk melihat daftar program yang anda dan hapus program yang anda tidak butuhkan. Lihat Cara Tepat Uninstall Program.

3. Edit program- program yang Startup bersama Windows. Gunakan MSConfig untuk disable program- program yang sebenarnya tidak perlu Startup bersama Windows. Dalam Windows 8 / 8.1, klik tab "Startup" lalu klik "Open Task Manager", selanjutnya klik program yang anda tidak inginkan untuk start bersama Windows, lalu klik "Disable".


4. Lakukan Defragment. Lihat Cara Cepat Defragment Hard Disk.

5. Perbaiki Disk Error. Lihat:

Cara Memperbaiki Disk Error Windows 8

Mengatasi Masalah Windows XP Dengan Error Checking

6. Lakukan scan terhadap Malware atau Virus. Karena sekarang ini banyak jenis malware atau virus yang tanpa disengaja bisa terinstal dalam komputer. Lihat:

Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware atau Virus

Menghapus Malware Dengan Malwarebytes Anti Malware

7. Usahakan untuk membuka program yang anda gunakan saja dan menutup program lainnya yang anda tidak gunakan, karena membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan bisa konsumsi ruang dalam RAM.

8. Perbaiki file Windows yang corrupt dengan SFC. Lihat:

Cara Memperbaiki Corrupted File Windows 7

Cara Memperbaiki Corrupted File Windows 8 atau 8.1

9. Pilihan terakhir yang bisa anda lakukan adalah instal ulang, reset atau refresh. Lihat:

Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 8

Cara Refresh Windows 8

Cara Reset Windows 8

Demikianlah beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk mengatasi performa komputer anda yang terasa lambat.

0 Response to "Mengatasi Komputer Lambat"

Post a Comment