Mengambil Foto Layar Komputer Dengan Snipping Tool


Untuk mengambil foto dalam layar komputer atau Screencast, anda bisa menggunakan software seperti Open Broadcaster SoftwareCamStudioScreencast-O-Matic atau yang berbayar seperti Snagit. Dalam Windows sendiri juga terdapat tool yang bisa anda gunakan, yaitu PrintScreen (PRTSC) dan Snipping Tool. Screencast atau foto layar komputer biasanya digunakan untuk tutorial atau sebagai sarana troubleshooting untuk diperlihatkan kepada orang lain tentang masalah komputer yang dialami. Perbedaan antara PRTSC dengan Snipping Tool adalah dalam PRTSC anda hanya bisa mengambil foto full screen dan mengeditnya dalam Paint, sedangkan Snipping Tool bisa mengambil foto pada bagian tertentu saja. Cara mengambil foto dalam layar komputer dengan Snipping Tool adalah sebagai berikut:

1. Buka Snipping Tool yang terdapat dalam Windows Accesories atau anda bisa membukanya "Search".


2. Untuk langsung mengambil foto dalam layar komputer, klik "New" lalu klik dan tahan di bagian sudut sebagai titik awal, lalu menarik cursor sampai mencakup area yang ingin anda ambil fotonya, baru kemudian melepaskan klik.


3. Selanjutnya klik "File" > "Save as", lalu beri nama untuk menyimpan foto yang telah anda ambil. Berikut adalah contoh foto yang saya ambil dengan Snipping Tool pada halaman Facebook.


4. Ada beberapa opsi yang bisa anda atur dalam mengambil foto screencast dengan Snipping Tool, yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip dan Full-screen Snip.


Selamat mencoba.

0 Response to "Mengambil Foto Layar Komputer Dengan Snipping Tool"

Post a Comment