Cara Mendeteksi Proses Virus Atau Malware

Jika anda mencurigai komputer anda telah terjangkit virus atau malware, atau karena ada gejala yang anda curigai sebagai akibat dari virus atau malware, maka anda bisa mendeteksinya terlebih dahulu. Sebagaimana diketahui bahwa dalam komputer, software yang aktif akan menjalankan prosesnya di belakang layar atau background, demikian juga virus atau malware. Jadi untuk mendeteksi virus atau malware, bisa diperiksa proses yang berjalan tersebut. Cara mendeteksi proses virus atau malware bisa dengan menggunakan Proses Explorer seperti berikut:

1. Setelah anda download Process Explorer, klik kanan dan pilih opsi "Run as administrator".

2. Selanjutnya perhatikan proses yang berjalan, apakah ada yang anda curigai sebagai virus. Untuk lebih mudahnya, perhatikan "Company Name". Jika ada yang anda tidak kenal, klik kanan proses tersebut dan pilih "Check VirusTotal".


3. Selanjutnya, terima "VirusTotal Term of Service" dengan meng-klik "Yes" > "OK".



4. Ketika anda memilih "Check VirusTotal", akan muncul text "Hash submitted" yang berarti proses tersebut dikirim ke VirusTotal untuk diteliti. Tunggu sebentar dan akan ada Ratio yang muncul. Misalnya Ratio yang muncul 0/55, maka itu berarti dari 55 tool yang digunakan untuk mendeteksi proses tersebut, tidak satu pun yang menganggap bahwa proses tersebut berbahaya. Tapi jika Ratio-nya 1/54. berarti dari 54 tool yang digunakan, ada satu yang menganggapnya berbahaya.


5. Selanjutnya klik Ratio proses yang lebih dari 0 pada angka pertamanya untuk melihat secara detail di situs VirusTotal.


6. Anda juga bisa pilih opsi "Search Online" terhadap proses yang anda curigai.


7. Selanjutnya anda bisa menghentikan proses yang anda yakini sebagai virus atau malware dengan memilih opsi "Kill Process" dan selanjutnya melakukan scan dengan Anti Virus.


Semoga bisa membantu.

0 Response to "Cara Mendeteksi Proses Virus Atau Malware"

Post a Comment