Cara Mendeteksi Dan Menghilangkan Infeksi Bootkit


 Bootkit adalah malware atau virus yang menginfeksi Master Boot Record (MBR). Tapi karena MBR pada umumnya tersimpan di luar sistem Windows pada partisi tersendiri, maka anti virus biasa sulit untuk mendeteksinya. Sehingga jika anda telah selesai melakukan pembersihan infeksi virus, maka virus MBR akan bisa kembali menginfeksi Windows setelah restart. Untuk itu, anda sebaiknya juga menjalankan program yang khusus untuk mendeteksi dan menghilangkan infeksi bootkit. Program yang bisa anda gunakan adalah:

1. aswMBR atau Avast's MBR Infection Detector. Download dan double-click file aswmbr.exe. Anda biasanya diminta untuk men-download virus defenition terkini dari Avast, klik "Yes".


Setelah selesai men-download virus defenition terkini, klik "Scan" untuk memulai scan guna mendeteksi bootkit atau virus MBR. Setelah selesai scan, klik "Save log", bisa juga  langsung klik "Fix" atau "FixMBR".


2. TDSSKiller dari Kaspesky. Sebelum anda melakukan scan, klik "Change parameters" dan beri tanda pada "Detect TDLFS file system", lalu klik "OK". Selanjutnya klik "Scan".


3. GMER


0 Response to "Cara Mendeteksi Dan Menghilangkan Infeksi Bootkit"

Post a Comment