Cara Membersihkan Komputer Dari Infeksi Virus Atau Malware


Jika anda yakin bahwa komputer anda telah terinfeksi virus atau malware, dan anti virus yang anda gunakan tidak bisa memberikan solusi terhadap gejala yang komputer anda alami, maka anda bisa melakukan langkah- langkah berikut sebagai cara membersihkan komputer dari infeksi virus atau malware.

1. Jika gejala yang komputer anda alami sudah parah, misalnya komputer anda tidak lagi bisa booting, atau bisa booting masuk ke Windows tapi selalu 'hang' atau 'freeze', maka sebaiknya sebagai langkah pertama, anda download salah satu Anti Virus Rescue Disk untuk melakukan scanning dari luar sistem operasi Windows. Lihat Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware Atau Virus.

2. Jika komputer anda terinfeksi Ransomware sehingga anda tidak bisa menggunakan seperti biasanya, maka anda bisa juga menggunakan Hitman Pro Kickstart. Lihat Cara Membuat Dan Menggunakan Hitman Pro Kickstart Dalam USB.

3. Jika anda bisa booting masuk Windows dan bisa mengakses Safe Mode, maka sebaiknya anda masuk ke Safe Mode dan melakukan scanning virus atau malware dalam Safe Mode.

4. Download dan jalankan RKill untuk menghentikan proses- proses yang dijalankan oleh virus atau malware. Lihat Cara Menghentikan Proses Yang Dijalankan Oleh Malware Atau Virus.

5. Lakukan scanning untuk mendeteksi dan menghapus bootkit atau rootkit. Lihat Cara Mendeteksi Dan Menghilangkan Infeksi Bootkit dan Cara Membersihkan Komputer Dari Rootkit.

6. Selanjutnya gunakan Malwarebytes' Anti Malware atau Hitman Pro untuk pendeteksian selanjutnya. Lihat Menghapus Malware Dengan Malwarebytes Anti Malware.

7. Gunakan RogueKiller untuk membersihkan registry dari key yang ditambahkan oleh virus atau malware. Cara Menghapus Registry Key Yang Ditambahkan Oleh Virus.

8. Bersihkan komputer anda dari Junkware, termasuk toolbar atau adware. Lihat Cara Mudah Menghapus Junkware, Toolbar Atau Adware.

9. Gunakan Free Online Virus Scanner seperti Bitdefender QuickScanESET ONLINE SCANNERF-Secure ONLINE SCANNER, atau Panda Cloud Cleaner untuk membersihkan virus atau malware yang masih tersisa.

Dengan melakukan semua langkah di atas, maka komputer anda bisa bebas dari infeksi virus atau malware.

0 Response to "Cara Membersihkan Komputer Dari Infeksi Virus Atau Malware"

Post a Comment