Cara Menghapus File / Data Secara Permanen


Jika anda menghapus file atau data dalam Windows, maka sebenarnya file atau data tersebut tidaklah terhapus secara permanen, tapi masih tersimpan dalam hard disk. Seseorang masih bisa recover file tersebut dengan menggunakan software tertentu (Lihat Cara Recover File). Jika anda memiliki data yang anda tidak mau seseorang bisa mengaksesnya lagi setelah menghapusnya, maka anda harus menghapusnya secara permanen. Cara menghapus file atau data secara permanen adalah dengan menggunakan bantuan software berikut:

1. Eraser
Dengan menggunakan Eraser, anda bisa menghapus file atau data secara permanen. Software ini menghapus file atau data dengan melakukan overwriting secara random, yang membuat file atau data yang anda hapus tidak bisa lagi di-recover. Jika anda telah download dan instal Eraser, maka ketika anda klik kanan sebuah file, anda bisa pilih Eraser dari Context Menu dengan memilih opsi "Erase" atau "Erase on Restart".


2. Darik's Boot And Nuke
Darik's Boot And Nuke bisa anda gunakan jika anda ingin menghapus file atau data secara keseluruhan dari hard disk. Anda hanya perlu download Darik's Boot And Nuke lalu menjadikannya CD atau DVD lalu menggunakannya untuk boot. Ketika anda boot menggunakan Darik's Boot And Nuke, maka software ini akan menghapus secara otomatis isi dari hard drive yang dideteksinya. Hal ini berguna jika anda ingin menjual komputer anda ke orang lain atau ingin membersihkan hard drive anda dari virus. Untuk lebih jelasnya lihat Cara Menggunakan Darik's Boot And Nuke Untuk Menghapus Data Dalam Hard Drive.

3. Menggunakan perintah Cipher.
Anda juga bisa menghapus file secara permanen dengan menggunakan perintah Cipher melalui Command Prompt. Dengan perintah Cipher, maka file Windows akan melakukan overwrite terhadap file yang telah dihapus, sehingga file tersebut tidak bisa lagi di-recover. Cara menggunakannya adalah dengan menentukan drive dan path file atau folder yang akan dihapus, misalnya cipher /w:D:\nama folder, dimana D adalah drive letter.

0 Response to "Cara Menghapus File / Data Secara Permanen"

Post a Comment