Cara Mengakses BIOS Setup


Ketika anda ingin mengatur sesuatu dalam BIOS, misalnya ingin mengatur urutan boot, maka anda harus bisa mengakses BIOS Setup. Cara mengakses BIOS Setup adalah dengan menekan dan menahan tombol tertentu segera setelah komputer start dan sebelum masuk ke sistem operasi (saat POST= Power On Self Test), biasanya sekitar 10 detik jarak waktunya. Pada umumnya tiap komputer menampilkan secara sepintas tentang cara mengakses BIOS Setup, misalnya "Press [F2] to enter setup", "Enter BIOS by pressing [ESC] atau "Press [DEL] to access system configuration". Anda harus perhatikan dengan seksama perintah- perintah seperti ini, karena munculnya hanya beberapa detik, kalau terlewat, anda harus restart komputer lagi untuk melihat tombol apa yang harus anda tekan untuk mengakses BIOS Setup.

Tombol ini biasanya berbeda pada masing- masing komputer atau motherboard. Berikut adalah beberapa tombol yang harus anda tekan pada merek komputer  tertentu:

1. Toshiba pada umumnya menggunakan tombol ESC atau F2 untuk mengakses BIOS Setup.
2. Acer pada umumnya menggunakan tombol DEL atau F2 untuk mengakses BIOS Setup.
3. HP pada umumnya menggunakan tombol F10.
4. Dell pada umumnya menggunakan tombol F2 atau DEL.
5. SONY pada umumnya menggunakan tombol F1, F2 atau F3.
6. Samsung pada umumnya menggunakan tombol F2.
7. Fujitsu pada umumnya menggunakan tombol F2.
8. Compaq pada umumnya menggunakan tombol F10, kadang juga dengan tombol DEL, F1 atau F2.

Pada motherboard juga menggunakan tombol tertentu dalam mengakses BIOS Setup, misalnya untuk motherboard ASUS menggunakan tombol F2, GIGABYTE menggunakan tombol DEL, Intel menggunakan tombol F2, BIOSTAR menggunakan tombol DEL dan SAPPHIRE menggunakan tombol DEL.

0 Response to "Cara Mengakses BIOS Setup"

Post a Comment