Mengenal Random Access Memory (RAM)


Random Access Memory atau disingkat RAM adalah sejenis tempat penyimpanan informasi dalam komputer yang bisa diakses secara random, dalam arti CPU bisa mengakses bagian mana saja secara langsung tanpa harus memulai proses dari satu bagian tertentu. Fungsinya adalah sebagai tempat menyimpan informasi sementara dalam jangka pendek, informasi atau data yang tersimpan dalam RAM akan terhapus ketika komputer dimatikan, beda dengan hard drive.

Ketika anda menjalankan sebuah program, misalnya video editor, maka CPU akan membuka program tersebut dari hard disk dan menyimpannya dalam RAM. Program seperti video editor membutuhkan ruang yang yang besar dalam RAM, ditambah lagi dengan file DLL yang digunakan oleh banyak program . Jika RAM komputer anda berkapasitas kecil, lalu membuka program yang berkapasitas besar, maka bisa membuat komputer anda menjadi lambat.

RAM terdiri atas dua tipe, yaitu Dynamic Random Access Memory (DRAM) dan Static Random Access Memory (SRAM). DRAM menyimpan informasi dalam sebuah cell yang terdiri dari kapasitor dan transistor, oleh karena itu senantiasa butuh untuk di-refresh dengan aliran listrik setiap milisecond agar informasi tetap tersimpan, sedangkan SRAM tidak butuh refresh.



Tipe RAM yang banyak digunakan sekarang ini pada komputer adalah Synchronous DRAM. Disebut Synchronous karena beroperasi dengan clock, dan kecepatan clock tersebut adalah faktor utama kecepatan RAM. DDR (Double Data Rate), DDR2 dan DDR3 adalah tipe SDRAM.

DDR mulai digunakan pada tahun 2002, yang sebelumnya komputer banyak menggunakan SDR (Single Data Rate). DDR bisa mentransfer data dua kali lebih cepat dibanding SDR. Selanjutnya muncul DDR2 yang bisa mentransfer data 8.5 GB per detik. Sekitar tahun 2007, muncul generasi selanjutnya, yaitu DDR3. DDR3 yang bisa mentransfer data dengan kecepatan 12.8 GB per detik dan dan beroperasi pada voltage yang lebih rendah.

Module RAM yang digunakan dalam Desktop PC adalah DIMM (Dual In-line Memory Module), sedangkan SO-DIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module) digunakan dalam komputer yang memiliki ruang yang terbatas, seperti laptop atau notebook.

Penting untuk anda perhatikan jika membeli RAM, pastikan anda membeli RAM yang sesuai dengan komputer anda. Misalnya jika komputer anda memiliki slot untuk DDR3, maka anda hanya bisa memasukkan module DDR3, tidak dengan DDR2.

Merek- merek module RAM yang terkenal diantaranya adalah KingstonCorsairCrucialMushkin, dan G.Skill.

Jika anda bermaksud untuk menambah RAM komputer anda, lihat postingan Cara Menambah RAM Komputer.

0 Response to "Mengenal Random Access Memory (RAM)"

Post a Comment