Cara Memperbaiki Windows 8 Dengan Repair Instal


Jika Windows 8 mengalami masalah, ada banyak opsi yang bisa anda lakukan untuk repair atau memperbaikinya (Lihat Cara Repair Windows 8, anda bisa lakukan RefreshResetSystem Image Recovery, atau bisa juga Refresh Dengan Custom Image). Tapi perlu anda ketahui bahwa dengan cara tersebut, anda bisa kehilangan beberapa aplikasi atau semua aplikasi yang telah anda instal sekarang ini, tergantung dari opsi yang anda pilih. Tapi dengan melakukan repair instal, anda bisa mempertahankan sebagian besar aplikasi yang anda miliki sekarang, atau bisa dikatakan hampir semuanya. Cara memperbaiki Windows 8 dengan repair instal adalah sebagai berikut:

1. Anda harus memiliki DVD atau USB Installer Windows 8, bisa juga jika anda cuma memiliki dalam bentuk file ISO. Jika anda cuma memiliki file ISO Windows 8, anda bisa Mount file tersebut, apakah dengan aplikasi bawaan Windows atau Gizmo. Sebaiknya menggunakan media yang anda gunakan waktu instal Windows 8, atau kalau tidak, pastikan jika anda menggunakan 32 bit, gunakan juga media yang 32 bit, demikian juga kalau 64 bit, saya dalam hal ini menggunakan Windows 8 Pro 64 bit.. Perhatikan juga untuk memasang charger jika anda menggunakan laptop agar power yang masuk dalam kondisi maksimal.
2. Setelah anda persiapkan semuanya, buka media yang anda gunakan, kemudian double-click Setup.exe. Jadi anda tidak perlu booting melalui media tersebut.


3. Ketika Windows Setup muncul, klik "Install now".


4. Selanjutnya Windows akan memeriksa compatibility apakah sistem anda bisa melakukan metode ini. Seperti dalam gambar berikut saya mendapat Compatibility Report yang berkaitan dengan power karena cuma menggunakan power batre. Jika anda mendapatkan isu compatibility seperti ini, periksa baik- baik dan lakukan sesuai petunjuk yang diberikan oleh Windows.



4. Selanjutnya, jika anda terhubung dengan internet, sangat dianjurkan untuk memilih opsi "Go online to install updates now (Recommended)".


5. Selanjutnya pada window "License terms", beri tanda pada "I accept the license terms" lalu klik "Next".


6. Selanjutnya pada window "Which type of installation do you want?", pilih opsi "Upgrade: Install Windows and keep files, settings, and applications". Di sinilah inti dari metode repair instal.


7. Selanjutnya Windows akan mulai menjalankan proses "Upgrading Windows", walaupun sebenarnya tidak melakukan proses upgrade, tapi hanya untuk proses repair. Dalam tahap ini anda tidak perlu melakukan apa- apa, biarkan prosesnya berjalan dibawah penanganan Windows, mulai Copying windows files sampai Moving files, settings and applications, komputer akan restart beberapa kali.


8. Setelah komputer restart beberapa kali, dan sampai pada tahap "Personalize", tentukan pilihan anda, lalu klik "Next". Jika anda terhubung dengan internet, pilih network anda lalu klik "Connect", kemudian masukkan password jika anda menggunakan wireless. Selanjutnya pada tahap "Settings", pilih antara "Use express settings" atau "Customize". Selanjutnya tunggu Windows mempersiapkan semuanya sampai masuk ke  Start Screen atau Desktop. Jika anda menggunakan password untuk log in, maka password tetap sama dengan password sebelumnya.

Demikianlah proses memperbaiki Windows 8 dengan repair instal. Semoga bisa memberi manfaat bagi siapa saja yang ingin melakukannya.

0 Response to "Cara Memperbaiki Windows 8 Dengan Repair Instal"

Post a Comment