Solusi Windows Tidak Bisa Dual Boot


Beberapa waku yang lalu saya ingin meng-instal Windows 8 dual boot dengan Windows 7 yang telah saya instal sebelumnya. Untuk itu saya harus buat partisi khusus untuk Windows 8. Sebelumnya saya sudah punya partisi untuk System Reserved, Windows 7 dan Data, dan sekarang tambah lagi dengan partisi untuk Windows 8.
Setelah saya buat partisi, saya mulai proses instalasi Windows 8. Prosesnya lancar sampai pada tahap memilih partisi.


Ketika saya memilih partisi yang telah saya buat khusus untuk Windows 8, muncul pesan "Windows cannot be installed to this hard disk space. The partition contain one or more dynamic volumes that are not supported for installation, the selected disk has the maximum number of partition of this type...". Ternyata Dynamic Disk memiliki batasan maksimal partisi yang tidak memungkinkan untuk instal Windows lagi jika jumlah partisi telah sampai ke batasan tersebut. Dengan kondisi hard disk seperti ini, maka Windows tidak bisa dual boot. Solusi yang saya tempuh untuk mengatasi masalah ini agar saya bisa dual boot adalah dengan melakukan convert Dynamic Disk menjadi Basic Disk.
Untuk melakukan convert Dynamic Disk Menjadi Basic Disk, saya menggunakan EASEUS Partition Master Free Edition. Setelah anda instal aplikasi ini, klik kanan bagian paling kiri hard disk yang bertuliskan Dynamic Disk, kemudian pilih "Convert to basic disk".


Selanjutnya EASEUS Partition Master akan memeriksa kondisi hard disk, setelah selesai, klik "Apply" untuk melanjutkan proses convert. Aplikasi ini akan melakukan restart untuk menyelesaikan proses ini.
Setelah melakukan convert, ternyata saya bisa instal Windows 8 dual boot dengan Windows 7.
Semoga bermanfaat.

1 Response to "Solusi Windows Tidak Bisa Dual Boot"

  1. apakah melakukan konver data tdk hilang ya mas? terimah kasi

    ReplyDelete