Cara Dual Boot Windows 7 Dengan Windows 8


Jika anda pengguna Windows 7 dan tertarik untuk menggunakan Windows 8, tapi tetap masih ingin menggunakan Windows 7, maka anda bisa melakukan instal dual boot, yaitu instal dua sistem operasi dalam satu computer dan memilih salah satunya pada saat start. Cara membuat dual boot Windows 7 dengan Windows 8 tidaklah sulit, asalkan komputer anda memenuhi spesifikasi dan hard disk yang cukup.
Langkah pertama yang harus anda lakukan sebagai cara dual boot Windows 7 dengan Windows 8 adalah menyiapkan partisi untuk instalasi Windows 8 (Lihat Membuat partisi Windows 7). Besar partisi yang anda harus persiapkan adalah minimal 20 GB dan anda bisa memformatnya atau membiarkannya "unallocated".


Setelah anda persiapkan partisi, maka anda sudah bisa mulai untuk meng-instal Windows 8 ( Lihat Cara Instal Windows 8 ). Ketika anda sampai pada "Where do you want to install Windows?", maka pilih partisi yang telah anda persiapkan sebelumnya.


Lanjutkan instalasi Windows 8 sampai selesai. Dengan selesainya instalasi Windows 8, maka pada saat anda restart computer, anda akan terlebih dulu masuk ke Windows 8, kemudian akan ditampilkan menu dual boot yang bisa anda pilih antara Windows 8 dan Windows 7.


Tapi jika anda ingin langsung memilih salah satunya pada saat booting tanpa harus masuk dulu ke Windows 8, maka anda bisa lihat Cara Mengganti Menu Dual Boot Windows 8 untuk melakukan hal tersebut. Selanjutnya anda juga bisa mengganti nama sistem operasi yang muncul dalam Windows Boot Manager dengan nama yang anda inginkan (Lihat Cara Mengganti Nama Sistem Operasi Dalam Windows Boot Manager).
Demikianlah cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan instal dual boot Windows 7 dengan Windows 8 dan memilih salah satunya ketika Windows start.

Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Dual Boot Windows 7 Dengan Windows 8"

Post a Comment