Cara Instal Windows 8

Jika anda sudah putuskan untuk instal Windows 8, dan telah mempersiapkan media DVD atau USB sebagai installer Windows 8 (Lihat Cara Instal Windows 8 Dari USBCara Instal Windows 7 / 8 Menggunakan USB Flash Disk atau Cara Membuat USB Installer Windows 8.1 Untuk Komputer UEFI), maka langkah selanjutnya adalah memasukkan media installer tersebut ke komputer lalu restart komputer. Kemudian anda bisa masuk ke UEFI atau BIOS (Lihat Cara Mengakses BIOS Setup) untuk menjadikan media yang anda gunakan sebagai urutan pertama dalam boot order. Selanjutnya "Save" dan keluar dari BIOS. Cara instal Windows 8 selanjutnya adalah sebagai berikut:

Ketika komputer anda booting dari media yang anda gunakan, perhatikan pesan "Press any key to boot from CD or DVD...", maka langsung tekan salah satu tombol keyboard. Jika selanjutnya muncul layar hitam dengan logo Windows 8, maka anda telah masuk ke Setup Windows 8 yang sementara loading.


Cara instal Windows 8 tidak sesulit yang anda bayangkan, selama komputer anda memenuhi spesifikasi atau persyaratan minimal (Lihat Langkah Persiapan Upgrade Ke Windows 8), maka anda akan bisa melakukannya dengan mudah.
Setelah Setup Windows 8 selesai loading, selanjutnya klik "Next" untuk menuju ke tahap selanjutnya, kecuali kalau anda ingin mengganti sesuatu pada pilihan bahasa, format waktu / currency, dan input keyboard.


Ketika muncul image seperti berikut, klik "Install now" untuk memulai Setup atau instalasi.


Selanjutnya masukkan "Product key" Windows 8, kemudian klik "Next".


Selanjutnya berikan tanda pada kotak "I accept the license term" untuk menerima licence term lalu klik "Next".


Selanjutnya klik "Custom:Install Windows only (advanced)" untuk melakukan clean install. Jika anda ingin meng-instal Windows 8 dengan mempertahankan settings, file dan aplikasi anda pada Windows seebelumnya, maka anda bisa pilih "Upgrade:Install Windows and keep files, settings and applications". Tapi dalam tutorial ini diasumsikan anda pilih "Custom Install".


Selanjutnya pilih partisi yang telah anda siapkan untuk instal Windows 8 lalu klik "Next".


Atau jika anda belum mempersiapkan partisi khusus untuk instal Windows 8 maka anda bisa klik "Drive options (advanced)" untuk melakukan "Format" atau "Delete" pada salah satu partisi sebagai tempat instalasi Windows 8.


Selanjutnya biarkan Windows yang melanjutkan proses instalasi, mulai dari Copying Windows Files ke hard drive, Installing Features dan hal- hal penting lainnya. Windows akan restart komputer beberapa kali. Lama proses ini tergantung dari sistem komputer anda. Anda bisa minum kopi dan relax sambil menunggu.


Setelah proses ini selesai, maka selanjutnya tahap "Personalized" akan muncul, di sini anda perlu untuk memberi nama komputer anda dan anda bisa memilih warna yang anda sukai. Klik "Next" untuk menuju ke tahap selanjutnya.


Selanjutnya anda akan diberi opsi "Use express settings" atau "Customize". Pilih "Use express settings" jika anda ingin Windows yang memilihkan pengaturan secara otomatis. Tapi sebaiknya anda pilih "Customize" untuk memilih pengaturan yang anda inginkan sesuai dengan selera anda.


Setelah anda klik "Customize", maka opsi pertama yang anda bisa atur adalah masalah "Network". anda bisa pilih "Yes, turn on sharing and connect to devices" atau "No, dont turn on sharing or connect to devices".


Selanjutnya adalah pengaturan masalah Updates, driver, Windows SmartScreen, Internet Explorer SmartScreen Filter dan Track Request yang bisa anda jadikan ON atau OFF.


Selanjutnya adalah pengaturan "Send Microsoft info to help make Windows and app better" yang bisa anda jadikan ON atau OFF.


Selanjutnya adalah pengaturan masalah "Check on line for solutions to problems" dan "Share info with apps" yang bisa anda jadikan ON atau OFF.


Selanjutnya adalah pengaturan masalah "Sign in to your PC". Di sini anda bisa pilih untuk Sign in dengan menggunakan akun Microsoft dengan memasukkan email, "Sign up for a new email address", atau "Sign in without Microsoft account". Asumsikan anda pilih "Sign in without Microsoft account".


Selanjutnya klik "Local account".


Selanjutnya berikan "User name" dan password jika anda ingin menggunakan password untuk log in, serta password hint. Setelah selesai, klik "Finish".


Selanjutnya akan muncul video tutorial cara menggunakan Windows 8 selama beberapa waktu sampai anda muncul Start Screen Windows 8. Selanjutnya anda sudah bisa menggunakan Windows 8 dan proses instal Windows 8 telah selesai. Tapi tentu setelah anda instal Windows 8, hal pertama yang anda harus lakukan adalah instal Driver atau melakukan update Driver. Untuk itu, anda bisa lihat Cara Update Driver Yang Tepat.

Dan jika anda butuh Anti Virus, lihat Daftar Top Anti Virus Gratis.

0 Response to "Cara Instal Windows 8"

Post a Comment