Memperbaiki Masalah Koneksi Internet

Hal yang cukup menjengkelkan ketika seseorang membuka browser dan coba membuka website tertentu kemudian yang muncul adalah pesan "Unable to access the network" atau "Cannot display the webpage" dan pesan- pesan semacamnya. Pesan seperti ini muncul karena koneksi internet bermasalah, yang penyebabnya bisa jadi Internet Service Provider, Network, Router, Browser atau Windows sendiri. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah koneksi internet seperti ini, diantaranya:

1. Jika terdapat tanda seru pada icon network di taskbar, coba klik kanan lalu pilih "Troubleshoot problems". Biarkan Windows yang melakukan perbaikan konfigurasi network secara otomatis.


2. Anda juga bisa melakukan perbaikan masalah koneksi internet melalui Command Prompt yang dijalankan dengan opsi Run as Administrator dengan menjalankan perintah berikut lalu menekan tombol "Enter":
- ipconfig untuk memastikan adanya koneksi antara komputer dengan Router. Jika tidak terdapat IP Address komputer yang biasanya dimulai dengan 192 pada bagian IPv4 dan terdapat pesan "Media disconnected , berarti tidak ada koneksi antara komputer dengan router.
- Jika tidak terdapat pesan "Media disconnected" tapi tidak terdapat IP Address pada IPv4, jalankan perintah ipconfig /release dan kemudian ipconfig /renew untuk refresh koneksi dengan Router. Jika IP Address Router adalah 192.168.1.1, maka IP Address komputer biasanya 192.168.1.x.
- Jika belum bisa membuka website, jalankan perintah ipconfig /flushdns untuk membersihkan DNS Cache.
- Jika masalah belum terselesaikan, coba restart Router dan ulangi langkah sebelumnya. Dan jika sudah ada koneksi dengan Router, jalankan perintah ping yahoo.com untuk memastikan adanya koneksi internet. Bila muncul pesan "Request timed out" atau "Ping request could not find host yahoo.com", berarti belum ada koneksi dengan internet. Coba periksa semua kabel- kabel, pastikan semua terpasang dengan baik.
-  Jalankan perintah tracert lalu diikuti nama website misalnya tracert yahoo.com untuk melihat rute yang ditempuh untuk sampai ke yahoo.com. Ada kemungkinan website tersebut memang jauh sekali sehingga sulit dijangkau dengan koneksi internet yang lambat.


- Jika perintah ping berjalan dengan baik tapi anda tetap tidak bisa membuka webpage, coba disable firewall dengan perintah netsh firewall set opmode disable. Jika terdapat pesan "OK" coba buka lagi website melalui browser. Untuk enable firewall, gunakan perintah netsh firewall set opmode enable.
- Jika semua perintah sebelumnya tidak bisa memperbaiki koneksi internet, maka langkah terakhir adalah dengan melakukan reinstall TCP / IP dengan perintah netsh int ip reset c:\resetlog.txt kemudian restart komputer.

3. Anda juga bisa menggunakan program Complete Internet Repair dan NetChecker untuk memperbaiki masalah koneksi internet secara otomatis.

Semoga dengan menjalankan langkah- langkah di atas bisa memperbaiki masalah koneksi internet anda. Wassalam.

0 Response to "Memperbaiki Masalah Koneksi Internet"

Post a Comment