Solusi Masalah "USB Device Not Recognize"


Apakah anda pernah mengalami masalah ketika mencolokkan USB device ke komputer seperti external drive, mouse, keyboard kemudian mendapat pesan "USB Device Not Recognize". Anda mungkin bingung, apalagi kalau komputer dan USB device tersebut masih dalam kondisi baik menurut keyakinan anda. Sebagai solusi masalah "USB Device Not Recognize" yang pertama kali sebaiknya anda lakukan adalah coba matikan dulu komputer, kemudian putuskan secara total dari aliran listrik untuk beberapa menit baru kemudian menghubungkannya lagi ke sumber listrik lalu dinyalakan. Karena setelah beberapa lama motherboard terhubung dengan aliran listrik, mungkin saja ada yang salah, jadi butuh restart secara total. Sering tindakan sederhana seperti ini bisa memberikan solusi, karena setelah Motherboard  restart, driver akan di-reload, termasuk pada USB Port yang memungkinkan komputer anda bisa lagi mengenali USB device.
Jika tindakan di atas tidak memberikan solusi, maka coba lakukan beberapa hal berikut:

1. Instal kembali USB Controllers.


Buka Device Manager kemudian expand Universal Serial Bus controllers, selanjutnya klik kanan satu device lalu klik "Uninstall", lakukan pada tiap- tiap device. Setelah selesai, restart komputer dan USB Controllers akan ter-instal kembali secara otomatis.
2. Instal chipset driver terkini untuk Motherboard. Kunjungi website resmi manufaktur komputer anda lalu download chipset driver terkini untuk Motherboard anda.
3. Instal Windows Update terkini.

Semoga postingan singkat ini bisa memberikan solusi bagi siapa saja yang menghadapi masalah seperti ini. Wassalam.




0 Response to "Solusi Masalah "USB Device Not Recognize""

Post a Comment