Apa Yang Dimaksud Command Prompt

Command Prompt ( nama lainnya adalah Windows Command Processor, Command Shell atau cmd.exe) adalah aplikasi yang menjalankan perintah yang berupa text (Command Line) dalam kebanyakan Sistem Operasi Windows (Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows 2000, dan Windows Server 2003,2008,2012). Banyak yang salah tafsir menyamakan Command Prompt dengan MS-DOS. Memang Command Prompt bisa menjalankan berbagai perintah yang terdapat pada MS-DOS tapi Command Prompt bukanlah MS-DOS itu sendiri.

Command Prompt pada umumnya digunakan untuk mengeksekusi batch file, menjalankan fungsi  administrator, melakukan troubleshoot dan memberikan solusi terhadap berbagai masalah dalam Sistem Operasi Windows.

Cara mengakses Command Prompt bisa melalui shortcut yang terdapat dalam menu Start atau menjalankan cmd melalui RUN. Anda juga bisa membuka Command Prompt pada folder tertentu, caranya tekan dan tahan tombol SHIFT lalu klik kanan folder dan pilih "Open command window here". Dalam Windows 8 atau 8.1, anda bisa tekan tombol WINDOWS + X untuk membuka Command Prompt.


Sedangkan untuk membuka Command Prompt dalam tingkat Privileged Administrator, anda bisa lihat postingan Membuka Command Prompt Sebagai Administrator.

Untuk menjalankan Command Prompt, anda harus memberikan perintah yang benar bersama dengan parameter yang mengikuti. Ada banyak perintah dalam Windows Command Prompt, tapi keberadaannya berbeda dari masing- masing versi Windows yang digunakan.
Anda bisa lihat postingan berikut sebagai contoh dalam menggunakan Command Prompt:

Perintah Command Prompt Windows Yang Menarik
Membuka Program Melalui Command Prompt
Cara Menutup Program Melalui Command Prompt
Cara Memperbaiki Disk Error Dengan CHKDSK Windows 8
Cara Memperbaiki Corrupted File Windows 8 atau 8.1
Cara Memperbaiki Corrupted File Windows 7
Repair Windows 8 Dengan Command Prompt
Repair Windows 7 Dengan Command Prompt
Cara Uninstall Program Dengan Command Prompt

Anda bisa memberi perintah help untuk mengetahui daftar perintah yang bisa digunakan.


Demikianlah sekilas penjelasan tentang Command Prompt. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Command Prompt"

Post a Comment