Solusi Masalah Komputer Shutdown Sendiri

Masalah komputer sering atau kadang shutdown dengan sendirinya adalah masalah yang tentu paling menjengkelkan. Ketika anda sedang mengerjakan sesuatu dan belum sempat anda save dan tiba- tiba komputer shutdown dengan sendirinya, tentu anda harus mulai lagi dari awal pekerjaan tersebut. Begitu juga ketika sedang download atau instal aplikasi. Jika masalah ini muncul, anda harus secepatnya mencari solusinya, karena jika dibiarkan terus- menerus bisa menimbulkan masalah lain.
Saya sendiri pernah mengalami masalah ini pada laptop, setiap kali internet security melakukan background scan laptop saya tiba- tiba mati atau shutdown sendiri. Saya periksa laptop, ternyata pada bagian terpasangnya processor panas sekali atau istilah lainnya overheating. Ternyata kipas atau fan tidak berfungsi akibat banyaknya debu yang menempel. Saya bersihkan dengan semprotan angin, dan sampai sekarang laptop saya tidak pernah lagi shutdown dengan sendirinya. Masalah overheating adalah penyebab utama komputer shutdown sendiri, jika processor mencapai suhu tertentu, maka komputer akan shutdown sendiri. Solusinya adalah dengan memfungsikan kipas atau fan serta membersikan debu- debu yang ada agar processor senantiasa stabil suhunya.

Virus juga bisa menyebabkan komputer shutdown dengan sendirinya. Dengan seringnya anda membuka internet, melakukan download atau mengunjungi situs- situs yang berbahaya, bisa menyebabkan komputer anda terinfeksi virus. Untuk itu anda harus memiliki anti virus yang bisa diandalkan dan senantiasa up-to-date.

Windows registry yang corrupt bisa juga menyebabkan masalah komputer shutdown sendiri. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan aplikasi registry cleaner untuk membersihkan Windows registry misalnya RegCure Pro atau CCleaner. Dengan membersihkan registry performa komputer anda bisa meningkat dan juga sebagai solusi masalah komputer shutdown sendiri.

0 Response to "Solusi Masalah Komputer Shutdown Sendiri"

Post a Comment