Cara Membuka File Doc

Mungkin anda mendapatkan sebuah file dengan extension Doc dari teman atau download dari internet tapi anda tidak bisa membukanya. Anda double-click file Doc tersebut tapi yang muncul adalah pesan "Windows can't open this file".
File dengan extension Doc adalah file dalam bentuk dokumen yang pada umumnya berasosiasi dengan Microsoft Office Word. Jika anda tidak memiliki Microsoft Office terinstal dalam komputer anda, masih ada aplikasi bawaan Windows lain yang bisa membuka file Doc, yaitu WordPad. Cara membukanya dengan WordPad adalah dengan melakukan double-click pada file Doc tersebut dan pilih "Select a program from a list of installed program" dan klik "OK". Selanjutnya pilih WordPad dari daftar aplikasi yang ada lalu klik "OK".

.

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuka file Doc dalam Windows adalah Microsoft Word ViewerOpenOffice, dan LibreOffice. Sedangkan untuk pengguna Mac OS atau Linux, bisa juga membuka file Doc dengan menggunakan OpenOffice dan LibreOffice.

Anda juga bisa menggunakan https://drive.google.com/ untuk membuka file Doc secara online. Anda harus login dengan Google Account untuk mengakses Google Drive. Setelah anda dalam situs Google Drive, klik tombol icon Upload di samping tombol "CREATE" lalu pilih Files... dan selanjutnya pilih file Doc dalam komputer anda, kemudian klik "Open". Selanjutnya file Doc yang anda pilih akan ter-upload yang kemudian bisa anda buka.

Anda juga bisa melakukan convert atau mengubah file Doc menjadi format lain, misalnya convert Doc menjadi PDF. OpenOffice punya fitur untuk convert file Doc menjadi PDF. Sedangkan untuk melakukan convert secara online, anda bisa mengunjungi doc2pdf.net.

Sebagai tambahan, anda bisa lihat Cara Membuka File Berbagai Extension.

Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Membuka File Doc"

  1. kalo yg di buka lewat online bisa diedit ga? gimana caranya? makasih sbelumnya :)

    ReplyDelete