Menjadikan Laptop Windows 7 Sebagai Alarm

Alarm adalah suatu alat penting dalam kehidupan kita, karena kita sebagai manusia sering tidak bisa mengatur diri kita sendiri. Terutama dalam kondisi tidur, sering kita tidak bisa bangun sesuai waktu yang kita inginkan, untuk itulah kita membutuhkan alat yang disebut alarm. Dengan alarm kita bisa bangun sesuai dengan waktu yang kita inginkan insya Allah.
Sekarang ini banyak di antara kita yang menjadikan Hand Phone atau Smart Phone sebagai alarm. Tapi sebenarnya, laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7 juga bisa dijadikan alarm. Berikut adalah langkah- langkah yang bisa anda tempuh untuk menjadikan laptop Windows 7 sebagai alarm:

1. Buka Windows Media Player dan buat satu playlist dengan nama alarm.
2. Klik kanan playlist alarm dan pilih "Open file location".
3. Klik kanan address bar Windows Explorer dan pilih "Copy address as text".
4. Buka Notepad untuk membuat Batch File untuk menjalankan playlist alarm tersebut. Ketik cd dalam Notepad kemudian beri spasi, lalu tekan tombol CTRL + V untuk melakukan Paste alamat atau path folder tadi.
5. Masih dalam Notepad, tekan tombol "Enter" dua kali lalu ketik alarm.wpl, kemudian klik "File" dan pilih "Save as" kemudian beri nama alarm.bat.
6. Klik "Start" dan ketik task scheduler pada menu "Start" lalu tekan "Enter".
7.  Pada Task Scheduler, klik "Action" dan pilih "Create task".
8. Pada tab "Triggers" klik "New". Selanjutnya tentukan jam yang anda inginkan untuk membunyikan alarm, anda bisa pilih untuk membunyikan alarm beberapa kali dalam sehari, atau anda atur untuk membunyikannya tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan. Berikan nama untuk pengaturan alarm tersebut.
9. Buka tab "Action" lalau klik "New". Pastikan pilih "Start a program" kemudian klik "Browse" untuk menemukan file alarm.bat tadi (biasanya tersimpan dalam "Document"), klik file tersebut kemudian klik "Open" > "OK".


Satu hal yang anda harus ingat, agar alarm ini bisa berfungsi, pastikan disable Screensaver dan Sleep mode.
Semoga dengan alarm laptop Windows 7 ini bisa membuat anda tepat waktu untuk menjalankan tugas- tugas anda. Cara lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan program yang khusus dirancang sebagai alarm, lihat Program Untuk Alarm Dalam Windows.

2 Responses to "Menjadikan Laptop Windows 7 Sebagai Alarm"

  1. permisi, kemarin saya coba ngikutin instruksi di atas, dan hasilnya laptop saya suka mati sendiri setiap 10menit baru di pake. mungkin ada kesalahan wktu saya ngikutin instruksinya.. tapi solusinya apa ya?
    gimana cara stop nya ? trimakasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu coba aja gunakan System Restore untuk kembali ke kondisi sebelum membuat alarm.

      Delete