Cara Menyembunyikan Partisi Windows

Jika anda mempunyai komputer yang juga sering digunakan oleh orang lain, apakah saudara atau teman anda, dan ada data- data atau file- file yang anda tidak mau orang lain tersebut melihatnya, maka anda bisa menyimpannya dalam partisi tertentu dan menyembunyikan partisi tersebut. ada beberapa cara menyembunyikan partisi dalam Windows, diantaranya:

1. Menyembunyikan partisi melalui Command Prompt.
-Tekan tombol Windows + R untuk memunculkan Run, lalu ketik cmd dalam Run, lalu tekan Enter.
-Ketik diskpart dalam Command Prompt, kemudian tekan Enter. User Account Control akan muncul, klik Yes untuk lanjut.
-Selanjutnya ketik list volume dalam diskpart dan tekan Enter untuk melihat daftar partisi yang ada dalam   komputer anda.
-Kemudian gunakan perintah select volume nomer (nomer di sini adalah nomer angka yang digunakan untuk salah satu partisi anda, misalnya select volume 3 untuk menyembunyikan partisi nomer 3).
-Perintah selanjutnya adalah remove letter huruf (huruf di sini adalah huruf yang digunakan oleh partisi nomer 3, misalnya huruf H, maka perintahnya adalah remove letter H). Maka partisi yang anda pilih tersebut tidak bisa lagi diakses atau dilihat dalam "Computer".
-Untuk mengembalikannya adalah dengan menggunakan perintah assign letter H, dan partisi tersebut akan muncul lagi dalam "Computer".
2. Cara lainya adalah dengan melakukan Right-Click pada "Computer" dan pilih "Manage". Hal ini akan memunculkan "Computer Management". Kemudian klik "Disk Management" pada bagian kiri window. Kemudian Right-Click partisi yang anda ingin sembunyikan dan pilih "Change Drive Letters and Paths", kemudian klik "Remove" > Yes > Yes. Selanjutnya partisi tersebut tidak muncul lagi dalam daftar "Computer". Untuk memunculkannya kembali adalah dengan melakukan Right-Click pada partisi tersebut dalam "Disk Management" dan pilih "Change Drive Letters and Paths", kemudian pilih "Add", lalu pilih huruf yang anda inginkan lalu klik "OK", dan selanjutnya partisi tersebut akan muncul lagi dalam daftar "Computer".

3. Anda juga bisa menggunakan software untuk menyembunyikan partisi Windows. Drive Manager adalah software gratis yang bisa anda gunakan untuk tujuan ini, dan anda bisa download di http://www.alexnolan.net.
4. Untuk lebih menjaga keamanan, anda bisa juga gunakan software yang menggunakan encryption seperti TrueCrypt. Software ini adalah Free Open Source dan bisa anda download di http://www.truecrypt.org.


Lihat tutorialnya di http://www.truecrypt.org/docs/?s=tutorial.

0 Response to "Cara Menyembunyikan Partisi Windows"

Post a Comment