Cara Melindungi Komputer Dari Virus Dan Hacker

Keamanan atau security komputer adalah sangat penting, terutama bagi yang sering online di internet. Dalam internet terdapat banyak aktifitas yang didasari atas beberapa kepentingan. Ada yang sekedar online untuk chatting atau menikmati hiburan, dan ada juga yang berusaha untuk mendapatkan keuntungan finansial dengan cara merugikan orang lain, serta ada juga yang hanya sekedar ingin melumpuhkan komputer orang lain. Bagi yang sering online, harus memperhatikan dua masalah ini, yaitu hal- hal yang bisa melumpuhkan komputer anda yaitu virus, dan hacker. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melindungi komputer anda dari virus dan hacker, diantaranya:

1. Instal dan update Anti Virus anda.
Jika anda tidak mampu membeli Anti Virus, minimal anda meng-instal yang gratisan seperti Avast Free Anti Virus atau Microsoft Security Essential. Tapi jika anda mampu, lebih baik gunakan Anti Virus yang berbayar seperti Kaspersky atau Norton.
2. Gunakan Firewall.
Anda bisa menggunakan Windows Firewall yang telah diinstal bersama Windows atau Comodo Firewall. Dengan aktifnya firewall, maka akan mencegah hacker utnuk mengakses komputer anda dengan membatasi port yang terbuka untuk publik. Jika anda membeli Router, pastikan anda membeli Router yang disertai firewall.
3. Instal dan update Anti Spyware.
Anda bisa gunakan Free SUPERAntiSpyware. Spyware adalah program yang bisa digunakan untuk memata- matai kegiatan orang lain.
4. Lakukan update secara rutin terhadap Operating System.
Windows atau Linux senantiasa mengeluarkan update untuk meningkatkan security.
5. Instal dan gunakan program- program yang terpercaya.
Jangan download apalagi menggunakan program- program yang anda tidak ketahui sumbernya, karena bisa- bisa mengandung virus, spyware atau trojan.
6. Hati- hati menggunakan program yang diperoleh dari P2P download.
7. Hati- hati terhadap email yang anda tidak ketahui pengirimnya, dan jangan sama sekali membuka file attachment-nya.
8. Senantiasa lakukan update terhadap program- program yang anda gunakan, termasuk browser. Karena para hacker akan senantiasa mencari kelemahan- kelemahan program yang bisa dimanfaatkan vurnerability-nya.
9. Lakukan security scan secara teratur terhadap virus, spyware, malware dan trojan.
10. Hindari situs- situs yang mencurigakan, terutama yang tidak diverifikasi oleh Anti Virus atau Internet Security, atau instal WOT (Web Of Trust) add-on dalam browser anda.
11. Gunakan password yang sulit ditebak untuk login ke komputer anda. Gunakan minimal 14 karakter yang terdiri dari huruf, nomer dan simbol.
12. Gunakan AddSweep untuk memblokir add di google chrome atau Adblock Plus dalam Firefox.
13. Hati- hati dalam meng-klik link. Gunakan Long URL Please dalam Firefox dan Explode dalam Google Chrome untuk menampilkan link yang sebenarnya dari link yang telah disingkat.

0 Response to "Cara Melindungi Komputer Dari Virus Dan Hacker"

Post a Comment