Solusi Komputer Tidak Bisa Booting

Ada waktu tertentu ketika anda mau menyalakan komputer dengan menekan tombol, namun setelah beberapa menit berlalu tidak ada tanda- tanda komputer anda ON. Dalam menghadapi masalah seperti ini, hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah 'jangan panik'. Tenang, dan cobalah identifikasi masalah yang mungkin tidak serumit yang anda bayangkan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai solusi komputer tidak bisa booting atau tidak bisa start seperti ini, diantaranya:

1. Matikan komputer anda dan periksa aliran listrik yang tersambung ke komputer anda. Pastikan semua saklar dalam keadaan on, termasuk tombol power pada komputer anda. Periksa kemungkinana adanya koneksi yang longgar. Jika semua saklar dan koneksi dalam keadaan yang seharusnya, maka anda bisa periksa Power Supply Unit dalam komputer anda. Lakukan tes dengan Multimeter, kalau hasil tes menunjukkan ada masalah pada Power Supply Unit, maka sebaiknya anda ganti dengan yang baru.

2. Jika semua masalah aliran listrik dan Power Supply Unit sudah anda pastikan dalam keadaan baik namun komputer anda tetap tidak bisa booting, maka kemungkinan yang bermasalah adalah Motherboard. Tapi untuk memastikannya, sebaiknya anda lakukan tes pada Motherboard dengan menggunakan Power On Self Test (POST) Card. Jika memang masalah ada pada Motherboard, maka anda sebaiknya mengganti dengan yang baru.

3. Jika hasil tes menunjukkan atau anda yakin bahwa Motherboard anda tidak ada masalah, dan telah mengganti batre CMOS dengan yang baru, maka sebaiknya anda memastikan bahwa semua komponen yang ada dalam komputer anda terpasang pada tempatnya dengan baik. Untuk memastikannya, anda bisa mencabut dan memasangnya kembali. Coba nyalakan komputer anda dengan hardware terpenting terlebih dahulu, kemudian anda lanjutkan dengan hardware lainnya satu persatu untuk melihat kemungkinan ada diantara hardware yang bermasalah. Jika ada diantara hardware yang bermasalah, maka ganti dengan yang baru. Anda bisa lihat tutorial Cara Troubleshooting Masalah Hardware.

4. Jika semua semua hardware dalam keadaan baik, maka selanjutnya anda coba melihat pengaturan dalam BIOS. Jika anda kurang memahami pengaturan BIOS, maka sebaiknya anda kembali saja ke pengaturan yang semula, yaitu 'Restore to factory settings'.

5. Jika semua langkah- langkah di atas telah anda lakukan, namun komputer anda tetap tidak bisa booting, maka kemungkinan masalah ada pada instalasi sistem operasi anda. Coba lakukan 'System Repair'. Anda bisa lihat Solusi Masalah "No Bootable Device" untuk memperbaiki Master Boot Record.

Post lain yang bisa anda baca adalah:

Solusi Masalah BOOTMGR is Missing Windows 7

Cara Melakukan Automatic Repair Windows 8

Cara Melakukan Startup Repair Windows 7

Tapi jika anda sudah melakukan repair dan tetap tidak bisa booting atau start, maka hal lain yang bisa anda lakukan adalah instal ulang, lihat post:

Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 8

Semoga dengan melakukan salah satu cara di atas, komputer anda bisa booting lagi.

0 Response to "Solusi Komputer Tidak Bisa Booting"

Post a Comment