Cara Troubleshooting Masalah Hardware Komputer

Hardware adalah komponen penting dalam sebuah komputer. Jika salah satu dari hardware bermasalah, maka komputer tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, atau malah tidak berfungsi sama sekali. Dalam melakukan troubleshooting atau mendiagnosa masalah hardware adalah dengan melihat gejala yang muncul, tapi kadang gejala yang muncul tidak langsung menunjukkan sumber masalah. Untuk itu, jika melakukan troubleshooting masalah hardware komputer, sebaiknya melakukan beberapa tes sebelum menyimpulkan sumber masalah yang sebenarnya. Berikut beberapa langkah yang bisa anda coba:

1. Gunakan program seperti BurnInTest (Lihat Test Hardware Dengan BurnInTest), karena program ini adalah program tool yang bisa melakukan tes secara menyeluruh pada kondisi dan stabilitas hardware. Anda bisa download BurnIn Test di http://www.passmark.com dan anda bisa menggunakan secara trial selama 30 hari.


2. Gunakan POST (Power On Self Test) Card jika komputer anda tidak mengalami masalah dengan video. POST Card dipasang pada slot yang kosong pada motherboard, dan ketika anda menyalakan Power komputer, akan muncul kode yang bisa anda terjemahkan melalui manual yang diberikan bersama dengan POST Card.
3. Gunakan kode beep BIOS. Anda bisa lihat page Diagnosa Komputer Melalui Kode Beep BIOS.
4. Pastikan bahwa semua hardware anda terinstal dengan benar dan terpasang dengan baik. Anda bisa mencabut dan memasangny a kembali untuk memastikannya.
5. Tes hardware anda dalam beberapa kondisi yang berbeda, dan pastikan hardware anda berfungsi dalam semua kondisi. Jika dalam salah satu kondisi berfungsi dan dalam kondisi lain tidak, maka sebaiknya anda mengganti hardware tersebut.
6. Periksa kabel- kabel, pastikan semua terpasang dengan baik di tempat yang seharusnya.
7. Update semua driver hardware komputer anda. Kunjungi website produsen hardware anda dan lihat jika ada update terbaru.
8. Periksa masalah compatibility atau kesesuaian. Ganti hardware yang tidak compatible dengan komputer anda.

0 Response to "Cara Troubleshooting Masalah Hardware Komputer"

Post a Comment