Mendeteksi RAM Yang Rusak Dengan Memtest86+

Jika RAM (Random Access Memory) rusak atau tidak berfungsi lagi dengan baik, maka komputer juga tentu tidak bisa lagi menjalankan fungsinya dengan baik, komputer menjadi sangat lambat. Malah akan sering muncul BSOD atau crash. Jika komputer anda mengalami hal seperti ini, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada RAM, khususnya untuk mendeteksi jika ada modul RAM yang telah rusak. Untuk mendeteksi RAM yang rusak, anda bisa gunakan Memtest86+. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

1. Download Memtest86+, sebaiknya download "Auto-installer for USB key" agar anda bisa langsung menggunakannya dalam USB Flash Disk.

2. Double-click file Memtest86+ USB Installer.exe dan klik "I Agree".

3. Selanjutnya pilih USB Drive yang anda ingin gunakan untuk instal Memtest86+, sebaiknya tandai juga "We will format", lalu klik "Create".


4. Ketika muncul "Installation complete", klik "Next", dan selanjutnya klik "Finish".


5. Langkah selanjutnya adalah melakukan booting dengan menggunakan Memtest86+ dalam USB yang telah anda buat. Untuk mengetahui secara pasti mana modul RAM yang rusak, sebaiknya anda melakukan tes pada modul RAM satu per satu. Jika komputer anda menggunakan dua modul RAM, maka cabut dulu salah satu-nya lalu jalankan tes dengan Memtest86+.

6. Ketika komputer anda telah melakukan booting dengan Memtest86+ USB, maka proses tes atau scan akan berjalan secara otomatis.


7. Biarkan prosesnya berjalan sampai selesai, yang kemungkinannya berjalan agak lama. Jika modul RAM yang anda tes mendapatkan 2 atau 3 Pass dan tidak terdapat Error, maka modul RAM tersebut masih bisa anda gunakan. Tapi jika tidak mendapatkan Pass dan hanya terdapat Error, maka sebaiknya anda mengganti modul RAM tersebut, karena modul RAM tersebut telah rusak.


Demikianlah cara untuk mengetahui modul RAM yang telah rusak dengan menggunakan Memtest86+.

0 Response to "Mendeteksi RAM Yang Rusak Dengan Memtest86+"

Post a Comment