Cara Reset Windows 8.1

Windows 8.1 memiliki opsi Reset yang bisa digunakan untuk melakukan repair jika mengalami masalah. Jika komputer anda pre-installed Windows 8.1, kemungkinannya adalah komputer anda memiliki Factory Recovery yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan kondisi komputer anda ke Factory Settings, yaitu kembali ke kondisi seperti ketika komputer anda baru dibeli. Anda hanya butuh untuk mengetahui bagaimana cara mengakses Factory Recovery tersebut. Tapi bagi anda yang membeli secara retail Windows 8.1 dan meng-instal-nya sendiri maka anda bisa melakukan reset dengan menggunakan Installer Windows 8.1. Anda perlu ketahui bahwa Reset hampir sama dengan instal ulang Windows, jadi file pribadi, pengaturan dan software yang telah anda instal akan terhapus. Cara reset Windows 8.1 adalah sebagai berikut:

1. Lakukan boot dengan menggunakan Installer Windows 8.1, apakah berupa DVD atau USB.

2. Pilih opsi "Repair your computer".


2. Selanjutnya pilih opsi "Troubleshoot".


3. Selanjutnya pilih opsi "Reset your PC".


4. Selanjutnya pilih sistem operasi yang anda ingin Reset. Da;am hal ini adalah Windows 8.1.


5. Selanjutnya klik "Next" setelah anda membaca apa yang terjadi dalam melakukan Reset.


6. Selanjutnya anda harus pilih opsi Reset pada semua drive atau hanya pada drive tempat instal Windows. Sebaiknya pilih opsi "Only the drive where Windows is installed" agar drive lainnya tidak terpengaruh.


7. Selanjutnya pilih opsi "Fully clean the drive", terutama jika Windows 8.1 telah mengalami berbagai masalah, seperti sering hang, lambat atau malah sudah tidak bisa start.


8. Selanjutnya klik "Reset".


9. Selanjutnya Windows akan melakukan restart dan anda tinggal menunggu proses Reset sampai selesai, yang akan berlangsung kurang lebih satu jam.


10. Setelah proses Reset selesai, akan terjadi lagi restart dan selanjutnya anda hanya perlu untuk memilih settings atau pengaturan seperti Bahasa, Lokasi, menyetujui License Term, memberi nama komputer, memilih antara sign-in dengan Microsoft Account atau Local Account, dan pengaturan- pengaturan lainnya seperti ketika anda melakukan instal Windows 8.1.


Demikianlah cara melakukan Reset Windows 8.1 yang bisa anda lakukan sewaktu- waktu jika komputer dengan Windows 8.1 telah mengalami masalah yang serius.

0 Response to "Cara Reset Windows 8.1"

Post a Comment