Dual Boot Windows 8.1 Dengan Ubuntu

Dulu saya pernah melakukan dual boot Windows 7 dengan Ubuntu, dan sekarang saya ingin mencoba melakukan dual boot Windows 8.1 yang saya gunakan sekarang dengan Ubuntu. Karena biar bagaimana pun, Ubuntu memiliki keunikan tersendiri yang mantap untuk dipelajari penggunaannya. Cara melakukan dual boot Windows 8.1 dengan Ubuntu yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan download Ubuntu 14.04.1 LTS dan meng-copy-nya ke USB Flash Disk menggunakan Rufus.


2. Selanjutnya saya matikan fitur "Fast Startup", lihat Cara Disable Fast Startup Windows 8 atau 8.1. Jika komputer anda menggunakan UEFI, maka sebaiknya mematikan fitur "Secure Boot", lihat Mengenal Dan Disable Secure Boot UEFI.

3. Selanjutnya saya memilih opsi untuk boot menggunakan USB Flash Disk yang telah saya siapkan sebelumnya. Karena komputer yang saya gunakan adalah Toshiba Laptop, maka saya menekan tombol F12 untuk mengakses Boot Menu, yang kemungkinannya berbeda dengan komputer yang anda gunakan.

4. Setelah masuk dalam Ubuntu, saya langsung klik "Install Ubuntu". Sangat dianjurkan pada saat instalasi, komputer dalam keadaan menggunakan AC Power dan terhubung dengan Internet.


5. Selanjutnya saya pilih opsi "Install Ubuntu alongside Windows 8". Saya memilih opsi ini karena lebih mudah, biarkan Ubuntu yang memilih dan megatur partisi untuk meng-instal Ubuntu.


6. Selanjutnya klik "Install Now" lalu klik "Continue", dan ikuti langkah- langkah instalasi Ubuntu, seperti memilih lokasi, layout keyboard dan lainnya.


7. Proses instalasi akan berjalan beberapa lama, setelah selesai, klik "Restart Now".


8. Setelah restart, maka anda bisa memilih apakah langsung masuk ke Ubuntu atau Windows 8.1 dengan memilih "Windows 8 (loader)".


Demikianlah langkah- langkah yang saya lakukan dalam melakukan dual boot Windows 8.1 dengan Ubuntu, dimana anda juga bisa melakukannya jika berminat untuk mencoba Ubuntu.

0 Response to "Dual Boot Windows 8.1 Dengan Ubuntu"

Post a Comment