Cara Memperbaiki Blue Screen Atau Crash

Blue Screen of Death (BSOD) atau Crash adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam sistem operasi Windows ketika Windows tidak bisa menangani masalah selain menghentikan operasi dan melakukan restart. Sebaiknya anda mengganti pengaturan default agar Windows tidak restart ketika terjadi Blue Screen, sehingga anda bisa mencatat Error Code atau "STOP Error" yang muncul dan mencari solusi Error Code tersebut di internet. Penyebab Blue Screen pada umumnya adalah masalah hardware, tapi bisa juga penyebabnya adalah isu yang disebabkan oleh software dalam Windows Kernel, dan bisa juga Malware atau Virus. Berikut ini adalah contoh latar jika terjadi Blue Screen.

Windows 7.


Windows 8 / 8.1.


Anda bisa perhatikan dalam latar tersebut di atas, terdapat Error Code. Error Code ini lah yang bisa anda telusuri di internet untuk mencari solusi atau cara memperbaiki masalah Blue Screen atau crash. Beberapa contoh Error Code atau "STOP Error" adalah:

KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR
BAD_POOL_CALLER
- HAL_INITIALIZATION_FAILED
- DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
BAD_POOL_HEADER
NO_EXCEPTION_HANDLING_SUPPORT
PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED
KERNEL_STACK_INPAGE_ERROR
KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED

Anda bisa lihat daftar Error Code di msdn.microsoft.com/en-us/library/windows, atau di http://aumha.org/a/stop untuk melihat daftar Stop Messages dan cara troubleshooting Stop Messages tersebut.

Untuk mencegah Windows restart jika terjadi Blue Screen agar anda bisa mencatat Error Code yang muncul, Masuk Control Panel > System > Advanced System Settings, klik "Settings" pada bagian "Startup and Recovery". Pada "System Failure", hilangkan tanda centang pada "Automatically restart" lalu klik "OK". Lihat Mencegah Restart Ketika Blue Screen Windows 8.1.


Cara lain yang bisa anda lakukan dalam memperbaiki masalah Blue Screen adalah dengan menganalisa Memory Dump File, karena jika terjadi Crash atau Blue Screen, Windows akan merekamnya dalam Memory Dump File. Lihat Cara Menganalisa Memory Dump File.

Anda juga bisa menggunakan System Restore untuk kembali ke kondisi dimana komputer anda masih dalam keadaan normal. Anda bisa lihat Cara Repair Windows 7 Dengan Sistem Recovery jika anda menggunakan Windows 7, Cara Repair Windows 8 jika anda menggunakan Windows 8 untuk melakukan System Restore.

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah Blue Screen adalah dengan mengingat- ingat apa yang baru saja anda lakukan. Apakah anda habis instal Software atau Driver. Jika anda ingat, anda bisa uninstall Software yang baru saja anda instal. Kalau masalah Driver, anda bisa kunjungi situs resmi hardware untuk mencari Driver yang sesuai dan up to date. Anda bisa lihat tutorial Cara Update Driver Yang Tepat untuk lebih jelasnya.

Jika anda telah melakukan hal tersebut di atas dan belum bisa menghilangkan Blue Screen, coba lakukan hal berikut:

- Lakukan scan Virus atau Malware, coba lihat Menggunakan Anti Virus Rescue Disk Untuk Menghapus Malware Atau Virus.

- Jalankan Windows Update untuk menginstal update terbaru yang dikeluarkan Microsoft atau produsen hardware yang komputer anda gunakan.

- Lakukan tes pada memory. Lihat Cara Melakukan Tes Pada Memory (RAM).

- Lakukan tes pada Hard Disk. Lihat Cara Melakukan Tes Pada Hard Disk.

Jika semua hal di atas telah anda lakukan dan Memory, Hard Disk atau Hardware lainnya masih dalam kondisi baik, sementara Blue Screen masih selalu muncul, maka sebaiknya anda lakukan instal ulang Windows. Lihat Cara Instal Windows 7, atau Cara Instal Windows 8.

Demikianlah beberapa opsi yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah Blue Screen dalam sistem operasi Windows. Bagi yang punya alternatif lain, bisa menambahkan dalam kolom komentar.

0 Response to "Cara Memperbaiki Blue Screen Atau Crash"

Post a Comment