Cara Kembali Ke Driver Sebelumnya

Kadang terjadi kesalahan dalam melakukan Update Driver, sehingga bukannya membuat hardware berfungsi dengan baik setelah di-update, malah tidak berfungsi sama sekali, bahkan pada sebagian kasus, terjadi Blue Screen atau Crash. Dalam kondisi seperti ini, jika anda belum sempat untuk mencari update driver yang sesuai, mungkin ada baiknya anda kembali atau roll back ke driver yang sebelumnya komputer anda gunakan. Cara kembali ke Driver sebelumnya bisa dilakukan melalui Device Manager seperti berikut ini:

1. Buka Device Manager lalu klik kanan Device atau Hardware yang anda ingin kembalikan ke Driver sebelumnya dan pilih "Properties".


2. Selanjutnya klik tab "Driver", lalu klik "Roll Back Driver".


3. Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi untuk memastikan apakah anda benar- benar ingin kembalikan Driver yang komputer anda gunakan sebelum anda meng-instal Driver yang baru. Klik "Yes" untuk melanjutkan proses Roll Back atau kembali ke Driver sebelumnya.


4. Setelah anda klik "Yes" maka Device Manager akan melakukan proses mengembalikan Driver yang komputer anda gunakan sebelumnya pada Device tersebut, ditandai dengan blinking. Setelah blinking berhenti, berarti prosesnya telah selesai dan Device atau Hardware telah kembali menggunakan Driver yang sebelumnya.

0 Response to "Cara Kembali Ke Driver Sebelumnya"

Post a Comment