Cara Hardcode Subtitle

Ide untuk melakukan hardcode subtitle muncul ketika saya mau menonton filem pada televisi LCD Samsung. Sebagaimana anda ketahui bahwa banyak televisi sekarang ini yang mempunyai Video Player dan bisa membaca file video dari USB Flash Disk. Tapi sayangnya, Video Player yang ada dalam televisi Samsung belum bisa membaca file Subtitle yang terpisah, untuk itu harus di-hardcode, yaitu menyatukan file subtitle dengan file video. Jika anda juga punya masalah yang sama, maka cara hardcode subtitle adalah sebagai berikut:

1. Download dan instal VidCoder.

2. Buka VidCoder dan klik "Video File" untuk memilih file video yang hendak dipasangkan subtitle.


2. Selanjutnya klik "Edit" pada bagian "Subtitle".


3. Selanjutnya klik "Import .srt File" untuk memilih file subtitle yang ingin disatukan dengan file video.


4. Setelah anda memilih file subtitle, beri tanda centang pada "Burn in", lalu klik "OK".


5. Selanjutnya tentukan direktori untuk menyimpan hasil video yang akan di-hardcode dengan meng-klik "Select output path" pada bagian "Destination".


6. Pada bagian "Preset", anda bisa pilih opsi yang anda inginkan, saya pilih "High Profile". Setelah selesai melakukan pengaturan, klik "Encode" untuk memulai proses hardcode subtitle.


7. Selanjutnya anda hanya butuh menunggu hingga prosesnya selesai. Sebagaimana yang anda lihat dalam gambar, dalam komputer yang saya gunakan, membutuhkan waktu 1:39:15.



Setelah selesai, anda bisa menikmati filem dengan subtitle yang akan muncul di berbagai Media Player. Seperti dalam gambar berikut, subtitle yang di-hardode muncul.


Jika filem yang masih berupa DVD tapi anda ingin melakukan cara hardcode seperti ini, maka anda harus melakukan rip terlebih dulu, lihat Cara Rip DVD.

Demikianlah tutorial tentang cara melakukan hardcode subtitle. Jika ada yang punya cara lain, jangan ragu memasukkannya dalam kolom komentar. Wassalam.

0 Response to "Cara Hardcode Subtitle"

Post a Comment