Mengganti Shortcut Dengan Menu Klik Kanan

Jika anda meng-instal banyak program, maka akan banyak juga shortcut yang terpasang di Desktop. Hal ini bisa membuat Desktop anda penuh dengan shortcut. Shortcut adalah cara cepat atau jalan pintas untuk membuka program, tapi bagaimana jika anda juga bisa membuka program secara cepat dengan cara lain?, misalnya melalui Menu Klik Kanan. Apakah tidak sebaiknya shortcut itu dihapus saja dan diganti dengan Menu Klik Kanan?. Cara mengganti shortcut dengan Menu Klik Kanan adalah sebagai berikut:

1. Buka Registry Editor dan navigasi ke HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\Shell. Selanjutnya klik kanan "Shell" dan buat Key baru dan beri nama sesuai program yang anda ingin masukkan ke Menu Klik Kanan, misalnya Chrome.


2. Selanjutnya klik kanan Key yang baru anda buat dan buat lagi Key baru, beri nama command.


3. Selanjutnya cari dari daftar program dan copy path-nya, sebaiknya di "Program Files". Caranya, tekan SHIFT lalu klik kanan program tersebut, lalu pilih "Copy as path".


4. Selanjutnya klik command lalu double-click (Deafult) pada panel sebelah kanan, kemudian klik kanan kolom "Value data" dan Paste path yang telah anda Copy tadi lalu klik "OK".


5. Selanjutnya jika anda mau buka program, tinggal klik kanan area di Desktop dan pilih program yang telah anda masukkan dalam Menu Klik Kanan.


Anda bisa lakukan hal ini pada program favorit atau program yang sering anda gunakan dan menghapus shortcut-nya di Desktop agar Desktop komputer anda tidak kepenuhan shortcut.

0 Response to "Mengganti Shortcut Dengan Menu Klik Kanan"

Post a Comment